Momentum Hardiknas untuk Universalitas Pendidikan

Sebagai sebuah Negara yang berdaulat, Indonesia memiliki tujuan yang termaktub dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945, yaitu:

  1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia;
  2. Memajukan kesejahteraan umum;
  3. Mencerdaskan kehidupan bangsa
  4. Ikut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Di lain sisi, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang diselenggarakan di New York pada bulan September tahun 2000 menghasilkan output yang berupa MDGs (Millennium Development Goals), yang mengusung 8 point utama, yaitu :

  1. Mengakhiri kemiskinan dan kelaparan
  2. Pendidikan yang Universal
  3. Kesetaraan Gender
  4. Kesehatan Anak
  5. Kesehatan Ibu
  6. Penanggulangan HIV/AIDS
  7. Keberlanjutan Lingkungan
  8. Kemitraan Global

Terlalu panjang dan mungkin akan menimbulkan perdebatan yang kontroversial ketika saya membahas semua masalah diatas, sehingga saya hanya ingin menyinggung salah satu masalah yang merupakan irisan antara Tujuan NKRI dan MDGs, yaitu Pendidikan yang universal.

Universalitas pendidikan di Indonesia masih sangat tidak merata, kota-kota besar memiliki akses yang mudah, pendidik yang berkualitas, fasilitas yang memadai, dan pelayanan publik yang “cukup” baik. Di lain sisi, mari kita sejenak menengok saudara-saudara kita yang berada di bumi Indonesia bagian Timur. Fasilitas-fasilitas yang ada di luar pulau Jawa sangatlah berbeda dengan yang ada di Pulau Jawa. Kesulitan mendapatkan akses, pendidik yang “kurang” berkualitas, dan  beberapa fasilitas yang sangat sulit didapat, bahkan di beberapa desa terpencil listrik pun masih belum terjangkau oleh masyarakat.

Saya bersyukur ketika Pak Anies Baswedan membuka Program Indonesia Mengajar, mengirim para pengajar muda lulusan universtas-universitas terbaik bangsa untuk mengajar di daerah terpencil. Setidaknya, hal ini dapat meminimalisir ketidakmerataan pendidikan, walaupun dengan ratio yang masih sangat kecil.

Selain pendidikan dasar, Pendidikan tinggi pun tidak kalah pentingnya dalam berkontribusi memajukan generasi penerus bangsa. Seperti yang lazim diketahui bahwa kurang dari 20% warga Indonesia yang merupakan tamatan Perguruan Tinggi. Hal ini menyebabkan porsi penelitian (Riset) sebagai salah satu tonggak kemajuan bangsa tidak dapat teraplikasikan secara optimal di Indonesia.

Namun, Saya pun bersyukur, karena banyak sahabat-sahabat PPI di beberapa Negara masih memiliki kepedulian yang sangat tinggi terhadap pendidikan WNI, hal ini dibuktikan dengan adanya Universitas Terbuka (UT) yang ada di negara-negara dengan jumlah BMI yang tergolong cukup tinggi (Timur tngah, Korea, Taiwan, dll). Saya berharap dengan terselenggaranya program Indonesia mengajar dan berdirinya UT di beberapa Negara mampu meminimalisir masalah Universalitas Pendidikan.

Beberapa hari yang lalu kita memperingati sebuah momentum yang sangat penting, yaitu Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional). Momentum hardiknas di Taiwan tahun ini menjadi sangat istimewa tatkala KDEI dipenuhi oleh puluhan wajah penuh semangat dan optimisme, karena selain memperingati Ulang Tahun PPI Taiwan yang ke-3, Launching program “Kejar Paket C” pun menjadi acara inti peringatan hardiknas tahun ini.

Alhamdulillah, Segala Puji bagi Allah yang telah memberikan nikmat dan karunia-Nya kepada kita karena Betapa masih banyak rekan-rekan kita yang peduli terhadap pendidikan negri ini. Betapa masih banyak rekan-rekan yang berusaha memenuhi tujuan negri untuk mencerdaskan kehidupan Bangsa.

Semoga segala ikhtiar yang dilakukan untuk kemaslahatan umat dapat menjadi amal ibadah yang diridhoi-Nya dan bisa menjadi bekal di kehidupan abadi kelak, Amiin.

Image

Nur Muhammad Malikul Adil

Coretan sang bocah

About Nur Muhammad Malikul Adil

Seorang pemuda yang bercita-cita menjadi Engineer, Penulis, Akademisi, Suami yang romantis, Ayah yang mengayomi,Negarawan, Entrepreneur, dan Hamba Allah
This entry was posted in Kenegaraan and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s