Kondisi Muslim di Kota Lwrence, Kansas State, United States of America

Ketika mendengar Negara Amerika, apakah yang tertanam dalam benak kita? Bisa jadi yang tertanam adalah suatu negara yang meminggirkan kaum muslim pasca tragedi WTC 11 september 2001. Mungkin hal tersebut benar untuk sebagian kaum awam amerika. Namun, bagi orang-orang yang berpendidikan, mereka menghargai perbedaan agama, ras, golongan, dan banyak perbedaan lainnya. Lawrence adalah suatu kota di Kansas State yang merupakan kota pendidikan, disana terdapat University of Kansas yang merupakan salah satu universitas terbaik di Kansas State.

Komunitas muslim di USA memang sangat sedikit, namun hampir di setiap kota terdapat komunitas muslim dan juga terdapat Islamic Center yang merupakan pusat kegiatan keislaman disana. Di Kota Lawrence sendiri, terdapat banyak umat muslim yang sebagian dari mereka adalah orang-orang Timur Tengah, Muallaf Amerika, para mahasiswa Asing dari Negara-negara Islam di Asia, dan lain sebagainya. Di Kota Lawrence pun terdapat Islamic center yang berada tepat di sebelah kampus University of Kansas.

Muslim adalah suatu komunitas yang minoritas, kehidupan kaum muslimin disana sangat baik. Muslim. Sesama muslim disana saling membantu satu sama lain. Mereka menganggap sesame muslim adalah saudara. Banyak kegiatan yang dilakukan oleh Islamic Center, diantaranya adalah Halaqoh setiap pecan (Jumat malam). Selain itu, ada juga kegiatan bersih-bersih masjid bersamadan  piknik setiap bulan. Mereka pun sangat menghormai tamu. Kami para mahasiswa Indonesia yang hanya berada disini selama 2 bulan untuk belajar bahasa dan kebudayaan di University of Kansas, sering sekali dijamu dan dibantu oleh mereka.

Pihak Islamic Center pun menjamu kami dengan sangat baik. Mereka menyediakan fasilitas bahan makanan untuk kami agar kami memasak makanan Indonesia yang disajikan untuk penutup acara Bersih-bersih masjid, mereka pun selalu bersedia mengantar kami jika kami ada keperluan. Pernah suatu ketika ada momentum kemerdekaan, dan budaya orang amerika dalam menghadapi kemerdekaan adalah dengan menyalakan kembang api. Kawan-kawan muslim dari Islamic center mempersiapkan segalanya dan menjemput kami untuk nonton fireworks bersama. Tak jarang kami ditraktir makan oleh kawan-kawan Islamic center, sungguh ukhuwah yang sangat luar biasa.

Sebagai penutup acara tersebut dan kepulangan kami ke Indonesia, mereka mengajak kami untuk piknik ke Clinton Lake, suatu danau yang berada di Daerah Lawrence,  suatu ukhuwah yang sangat luar biasa.

Tulisan ini aku dedikasikan untuk sahabat-sahabat Muslim di Amerika yang telah berbuat baik kepada kami :

  1. Hamzah (Amerika)
  2. Garret (Amerika)
  3. Rasyid (Bangladesh)
  4. Mohammed Al Sabeh (Arab Saudi)
  5. Mohammed Abdul Hamid (Mesir)
  6. Shuaib Umar (Nigeria)
  7. Baha (Yordania)
  8. Bandar (Arab Saudi)
  9. Turki (Saudi Arabia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s