Sebuah Kisah di POLDA Jawa Tengah

Siang hari ketika sedang menonton Film “How I met your mother”. Tiba-tiba hp saya berdering dan tidak lain yang meng sms adalah kawan saya, Arief Rachman Saputra. Yang menyebutkan bahwa akan ada ustadz Yusuf Mansur di POLDA Jawa Tengah dan pengajiannya terbuka untuk umum. Sontak aku pun langsung mengiyakan ajakan beliau untuk datang kesana.

Angkot C5 jurusan Java Mall – Simpang 5 Semarang pun ikut membantu perjalanan kami untuk mencapai POLDA Jawa Tengah yang beralamat di Jalan pahlawan Nomor 1 Semarang. Disana, sangat sepi sekali kondisi masjid tersebut. Kami pun menjadi sangsi (ragu) bahwa akan ada pengajian Ustadz Yusuf Mansur disana. Lalu, kami bertanya kepada Polisi yang sedang menjalani tugas piket untuk bertanya apakah benar. Dan ternyata benar hanya tempatnya bukan di masjid, melainkan di Borobudur Hall Polda Semarang. Langsung kami melanjutkan langkah kami untuk berangkat kesana.

Pembukaan di awali oleh Ustadz Fadlan yang membahas tentang Sekolah Daqu School dan membahas sebagian kecil tentang Al Ma’tsurat yang menjadi Tema tersebut. Dikisahkan bahwa al ma’tsurat yang terkenal biasanya yang terangkum dalam Al Ma’tsurat Imam Hasan Al Bana. Namun, ada sedikit perbedaan dalam Al Ma’tsurat Ustad yusuf Mansur. Dimana beliau pun mengambil al ma’tsurat ini berdasarkan amalan Kanjeng Nabi Muhammad SAW. Ustadz Yusuf Mansyur pun datang ke dalam Borobudur Hall untuk mengisi ceramah disana. Acara dimulai dengan cerita Ustadz Yusuf Mansur yang menceritakan kehamilan istrinya yang melahirkan wirda. Beliau bercerita bahwa anaknya tersebut merupakan anak yang tidak dididik secara langsung oleh beliau. Namun, amalan yang tidak pernah beliau tinggalkan adalah amalan al ma’tsurat ketika istrinya hamil.

Amalan Al Ma’tsurat tersebut adalah Surat Yasin, Ar Rahman, Al Waqi’ah, dan Al Mulk. Sungguh luar biasa anak Ustd yusuf Mansur yang1 ini. Beliau pernah berkata kepada ayahnya.

Wirda : “Pah, aku mau menghafal Al Qur’an 2 Juz saja”

Ustd Yusuf Mansur : “Alhamdulillah, selamat menghafalkan wirda”

Suatu malam, tepatnya ketika dini hari. Wirda berbisik kepada ayahnya

Wirda : “Pah, aku mau menghafal al qur’an 2 juz saja, tapi malah diomelin”

Ust : “ Siapa yang ngomelin kamu?”

Wirda : “ Rasulullah, katanya mengapa yang ingin dihafal hanya 2 juz saja, tidak semuanya?”

Ustd : “ Masaya allah, papah aja solawat kepada Rasulullah belum pernah ketemu beliau. Nanti kamu tanyain apa yang harus papah lakukan biar bisa ketemu beliau”

Wirda : “ iyah pah nanti wirda tanyain”

Beberapa malam berikutnya

Wirda : “ Pah, wirda udah Tanya ke Rasulullah, katanya kalau papah ingin ertemu beliau, maka harus membaca surat Muhammad”.

Masya Allah, sungguh luar biasa amalan al ma’tsurat yang diterapkan oleh ustdz yusuf Mansur ketika istrinya hamil. Seorang anak kecil sudah bisa bertemu Rasulullah Muhammad SAW. Ustadz yusuf Mansur belum bisa mengamalkan hal tersebut karena belum siap untuk bertemu Rasulullah Muhammad SAW.

Acara dilanjutkan dengan Muroja’ah hafalan anak yusuf Mansur yang lain. Fahmi dan Habib. Subhanallah, sungguh tak kuasa saya menahan air mata yang mengalir ini lantaran sangat merdunya lantunan firman ALLAH yang dilantunkan oleh Fahmi dan Habib. Ya ALLAH, aku berdoa pada-Mu, berikanlah hamba keturunan-keturunan yang soleh.

Kesimpulan yang didapat dari acara ini adalah amalan Al Ma’tsurat yang sebaiknya dilakukan adalah

Ba’da Subuh : membca surat Al Waqi’ah

Ba’da Dhuha : membaca surat Ar Rahman

Ba’da Ashar : Membaca surat Al Waqi’ah

Ba’da Maghrib/isya : Membaca surat yasin

Menjelang tidur : Membaca surat Al Mulk

Untuk menghindari Bid’ah atau aalan baru, maka urutan tidak menjadi masalah. Yang terpenting keempat surat tersebut dibaca sebagai amalan rutin agar selalu mendapat kemudahan ALLAH SWT

2 thoughts on “Sebuah Kisah di POLDA Jawa Tengah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s