Kalibrasi Sensor

Ketika mendengar tentang Kalibrasi, yang ada difikiran kita adalah membuat suatu sensor menjadi benar dan linear kembali. Mengapa sensor harus linear? jawabnya agar lebih mudah digunakan……

Sebenarnya, Kalibrasi adalah suatu proses untuk mengetahui apakah sensor tersebut masih linear atau tidak. Sensor yang masih linear akan memberikan hasil yang linear pula. Maka ketika proses Kalibrasi dijalankan dan ternyata sensor masih linear, kesimpulannya adalah sensor tersebut masih layak untuk digunakan.

Namun bagaimana kalau sensor tersebut tidak linear lagi? apakah kita harus melinearkannya? ataukah kita harus mengganti sensornya? dengan sensor yang baru? maka jawabnya adalah kita harus menggantinya, karena jika bisa diperbaiki, maka toko sensor ga laku dong. Sebagai gantinya, sensor biasanya memiliki ketahanan sampai skala tahunan.

Bagaimana melakukan kalibrasi terhadap suatu sensor?

Sensor harus dikalibrasi linearitasnya dengan suatu alat pembanding, alat pembanding biasanya Voltmeter. Jika perubahan parameter sensor sebanding dengan perubahan voltage, maka sensor tersebut linear dan bisa digunakan, jika tidak maka sensor tersebut harus diganti.

Contohnya adalah Sensor Temperatur, kita menghitung linearitas Termometer.

Maka, alat yang digunakan adalah

1. Solder

2.  Voltmeter Digital

3. Termometer Digital

Solder yang digunakan adalah solder angin, dimana kita bisa mengatur Temperatur udara yang keluar dari Soldernya. Output Solder angin didekatkan dengan 2 kabel yang terhubung dengan Termometer Digital Dan Voltmeter. Buat minimal 3 atau 5 besar temperatur yang dikeluarkan oleh Solder angin. Lihat kondisi steady pada setiap besar keluaran Temperatur udara. Catat datanya pada kondisi steady, lalu buat persamaannya dengan menggunakan Regresi Linear.

Setelah didapat gradiennya, maka cek apakah gradien tersebut masih sesuai dengan batas toleransi linearitasnya atau tidak. Jika masih sesuai, maka sensor tersebut masih bisa digunakan. Jika sudah melebihi batas toleransi, maka sensor tersebut harus diganti…

Hanya pengalaman melakukan Kalibrasi terhadap Termometer Digital…..

Mohon Masukannya

Adil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s