Frekuensi Response Function (FRF)

Frekuensi response function adalah perbandingan antara respon suatu struktur terhadap gaya eksitasi yang diberikan. Respon gaya eksitasi akan memberikan nilai yang besar ketika mencapai frekuensi pribadinya, sehingga puncak-puncak FRF menunjukkan frekuensi pribadi. Sistem getaran 1 derajat kebebasan akan memiliki 1 puncak FRF. Demikian juga  sistem getaran 2 derajat kebebasan akan memiliki 2 puncak FRF. Sedangkan sistem kontinu akan memiliki tak hingga puncak FRF.

Secara umum hubungan input dan output suatu sistem getaran dapat digambarkan dalam diagram blok seperti ditunjukkan dalam gambar dibawah ini. Gaya eksitasi dikenakan pada suatu sistem getaran sehingga akan menghasilkan respon getaran berupa percepatan, kecepatan, atau simpangan.

Jenis-jenis FRF berdasarkan respon yang diukur terbagi menjadi 3, yaitu receptance untuk respon yang berupa simpangan, mobility untuk respon yang berupa kecepatan, dan inertance untuk respon yang berupa simpangan. Penjabaran jenis-jenis FRF tersebut dapat dilihat pada tabeldibawah ini.

Dasar Teori TA gw, hahahah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s