5 Pilar Minimum Engineering Student di Luar Negri

5 Pilar minimum Engineering student di Luar Negri Wah, bahasanya berat banget yah, sebenrnya gak berat bro, Cuma ini hal yang sebaikya dilakukan oleh para mahasiswa di jurusan engineering untuk berkembang. Menurut gw pribadi sebagai seorang mahasiswa engineering yang lagi sekolah di luar negri, ada 5 pilar yang harus kuat dalam diri mahasiswa Engineering yang sekolah di Luar negri

1. Agama

Setiap orang pasti memiliki Ghorizoh, salah satunya Ghorizoh ‘Ubudiyah yang artinya bahwa setiap manusia pasti memiliki rasa berserah diri kepada Tuhannya (minimal ketika dia susah, walaupun ketika dia senang biasanya lupa akan Tuhannya). Jadi sebagai mahasiswa Engineering pilar pertama harus kuat, salah satu penguatnya adalah dengan Solat 5 waktu, Dhuha, Tahajud, dan membaca Al Qur’an.

2. Kemampuan di Bidang yang sedang digelutinya

Tentu saja ini hal yang wajib juga, massa engineer bodo? (kasarnya)… Jadi kita disini harus beajar sungguh-sungguh, caranya gmna? Dengerin dosen ngoceh, ngerjain soal lathannya, dan mencatat ulang di Blog apa materinya hari ini.

3. Bahasa Inggris dan Bahasa Setempat

Kalau lu tinggal di Inggris atau amerika lu cukup menguasai bahasa inggris doank, tapi berhubung gw tinggal di negri cina (Taiwan maksudnye), terpaksa gw belajar bahasa Cina agar bisa lebih dianggap karena bisa berbahasa mandarin.

4. Kemampuan menulis dan bersosialisasi

Kenapa kemampuan menulis itu penting? Karena massa lu jauh-jauh kuliah, buat ngurusin perut lu doank? Harusnya lu belajar untuk kemajuan agama, dan juga bangsa.. Oleh karena itu, bagaimana mereka tahu kemampuan lu kalau lu gak bisa menjelaskannya dalam bentuk tulisan.

5. Kemampuan Berinovasi dan Berimajinasi

Kemampuan berinovasi dan berimajinasi sangat penting, karena setiap Negara punya sistem yang berbeda, contohnya adalah sistem transportasi, dll. Sistem transportasi yang BIASANYA lebih baik dari yang ada di Indonesia, artinya bahwa kita harus berfikir dan berimajinasi supaya mengambil yang baik dari sini dan mengimplementasikannya di Indonesia.

Taipei, 9 oktober 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s