Ketika Ikhlas menjadi sebuah proses

Ikhlas adalah menujukan amal perbuatan atau sesuatu hanya untuk Allah. Jika kita beramal dengan maksud agar dikagumi orang lain, maka hal itu disebut dengan Riya. Namun, kadang kala orang salah menginterpretasikan definisi ikhlas dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak orang beranggapan bahwa Ikhlas adalah hal yang mudah dilakukan semudah membalikkan telapak tangan, sehingga pendapat itu seringkali disalahgunakan untuk sebagian orang agar tidak beramal.

Namun pendapat itu adalah pendapat yang salah. Ikhlas adalah suatu proses bung.  Imam Al Ghozali pernah berkata bahwa Ikhlas adalah proses ketiga dalam Beribadah kepada Allah. Imam Al Ghozali menyebutkan bahwa 3 tingkatan dalam beramal adalah Ilmu-Amal-Ikhlas.

Ilmu artnya kita mengetahui hukum amalan itu (wajib atau sunnah), lalu setelah kita mengetahuinya, kita mengamalkannya, walaupun berat dan masih sebatas menggugurkan kewajiban. Seperti contoh solt dan puasa.

Mari introspeksi diri masing-masing, apakah solat dan puasa Ramadhan kita sudah ikhlas ditujukan karena Allah? Kalau belum karena Allah, maka kenapa kita masih mau solat dan puasa? Kan belum ikhlas? Hal tersebut karena kita memiliki ilmu akan hukum Solat dan puasa.

Kita punya ilmu tentang hukum puasa, lalu akhirnya kita puasa deh. Itulah jalan yang bener, walaupun belum ikhlas, kerjakan saja dulu yang harus dikerjakan nanti ikhlas pun akan menjangkiti hati kita sedikit demi sedikit. Rumusan ikhlas Imam Al Ghozali hendaknya dijadikan panutan bagi para wanita untuk mengenakan hijab. Jangan ampe gak mau pakai kerudung karena nunggu ikhlas. Setelah tahu hukum pakai jilbab, maka Pakailah kerudung dulu, baru ikhlas akan menyusul.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s