Riset dan Pengembangan Fasilitas

Kemajuan suatu Negara bisa dilihat dari banyak sudut, diantaranya sistem pemerintahan, ekonomi, teknologi, karakter bangsa, dan lain sebagainya. Bagi orang-orang awam, kemajuan suatu bangsa dilihat dari tersedianya fasilitas yang ada pada suatu Negara.

Indonesia sejak zaman Kakek Buyut saya masih hidup sampai zaman saya, selalu berstatus sebagai Negara berkembang, tidak pernah naik status menjadi Negara maju. Bagaimana dengan Negara yang sudah menyandang kasta sebagai Negara maju? Apakah mereka benar-benar maju? Bagaimana komentar orang Indonesia yang pernah mengunjungi atau bahkan tinggal di Negara-negara maju (US, UK, Singapore, Jepang, Taiwan, dll)? Sebagian besar komentar mereka terhadap Negara maju adalah tentang baiknya fasilitas, baik fasilitas transportasi, kebersihan, pelayanan public, dan lain-lain. Lalu, bagaimana sebuah Negara bisa menyediakan fasilitas yang begitu nyamannya bagi masyarakat?

Jawabannya adalah pengalokasian dana untuk riset dalam mencoba membangun fasilitas yang belum tersedia. Selain itu, dana riset juga digunakan untuk mengetahui trend kebutuhan dan keinginan masyarakat. Sssuatu hal yang baru tidak mudah diimplementasikan kepada publik sebelum teruji dengan baik keamanannya dan pengujian infrastruktur tersebut tentu perlu duit donk, hehehe.

Riset tentang berbagai masalah pun (Ekonomi, perceraian, sistem pendidikan, dll) harus ditelaah dan ketika suatu formula yang sesuai telah ditemukan, maka pelayanan pelayanan publik akan menjadi sesuatu yang memuaskan masyarakat. Apakah Indonesia sudah mengalokasikan dana yang cukup untuk melakukan riset?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s