Terima kasih Pak Newton

Menurut pandangan saya, Generasi engineering terbagi menjadi dua. Generasi pertama adalah generasi ilmu tua, dan generasi kedua adalah generasi ilmu muda.

Generasi ilmu tua diwakili oleh disiplin ilmu yang sangat popular, diantaranya teknik mesin (Mechanical Engineering) dan Teknik Sipil (Civil Engineering). Siapakah sosok yang sangat berjasa terhadap pengembangan ilmu tua ini?

Generasi engineering tua memanfaatkan ilmu yang diajarkan oleh Pak Newton. Beberapa aplikasi yang dikembangkan dari ilmu newton diantaranya adalah berdirinya bangunan-bangunan hebat dan kecanggihan alat transportasi.

Alat transportasi (Mobil dan motor) pada hakikatnya memanfaatkan ilmu Newton, tepatnya hukum 2 dan hukum 3 Newton. Begitupun dengan membuat pendirian bangunan-bangunan yang kokoh, perlu pemahaman yang komprehensif terkait hukum 1 dan hukum 3 Newton.

Tidak heran jika Michael Hart dalam bukunya yang berjudul 100 orang paling berpengaruh di dunia meletakkan Newton sebagai orang berpengaruh kedua di dunia setelah Rasulullah Muhammad SAW. Posisi Newton menurut Michael Hart lebih berpengaruh dibandingkan Bunda Teresa, Mahathma Gandhi, Adolf Hitler, bahkan Isa Almasih sekalipun. Nama Newton pun diabadikan menjadi satuan Gaya yang membuat namanya begitu cetar membahana dunia.

Bahkan, Pak Newton mendapat gelar kebangsawanan Inggris “sir”. Gelar “sir” tidak diberikan kepada orang lain diluar keluarga raja kecuali orang tersebut dianggap telah memberikan jasa besar bagi Inggris. Semakin banyak saya belajar mechanical engineering, Saya semakin kagum dengan pak Newton, trims Pak Newton.

Taipei, 15 Maret 2013

Seorang Bocah yang sedang mempelajari ilmu pak Newton

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s