Orang Taiwan Pekerja Keras

Taiwan merupakan suatu negara di Asia Timur dengan tingkat kemampuan ekonomi yang cukup tinggi, dan menurutku Taiwan adalah salah satu macan asia, setara dengan Jepang, Korea selatan, Cina, dan Singapura, walaupun Taiwan statusnya masih setengah Negara (Secara de facto Taiwan memiliki rakyat, wilayah, dan pemerintah yang berdaulat. Namun secara de jure belum ada pengakuan dari Negara lain, termasuk Indonesia yang belum mengakuinya).

Mengapa Taiwan bisa menjadi suatu wilayah yang dikatakan sebagai salah satu macan asia? jawabannya sangat sederhana, karena orang-orangnya pekerja keras.

Aku di Taiwan sebagai seorang Master Student yang menerima beasiswa dari NTUST. Saya mengambil jurusan Mechanical Engineering dan berfokus pada riset Getaran dan Akustik. Sebagai master student, saya memiliki kewajiban untuk menjalankan riset saya, sehingga saya harus bergabung dengan salah satu Laboratorium di NTUST.

Professor saya mewajibkan saya berada di Lab sejak jam 9 Pagi sampai jam 11 malam (14 Jam bro), tapi gak saklek juga harus di Lab, boleh makan dan keluar dan bebas melakukan apa saja, namun itu adalah periode siaga. Artinya, ketika dalam periode itu Professor memanggil, kita harus stand by at least 20 menit setelah panggilan datang.

Satu hal yang unik, teman-teman Lab ku tidak ada yang punya pacar, ketika aku bertanya mereka jawabnya simple “I am too busy”. Wiih, pantes aja negri mereka cepet berkembang, Industri-industri strategis pun bermunculan. ASUS dan ACER adalah beberapa produk terkenal yang berasal dari Taiwan. Industri semikonduktor pun menjadi industry yang sangat maju disini.

Aku bersyukur berada di tengah-tengah para pekerja keras, setidaknya kondisi ini akan membangun semangat bekerja keras pada diriku yang malas ini (hehe jadi malu). Sebaliknya, sebagai makhluk social aku tak boleh autis bekerja saja. Setiap akhir pekan, aku selalu menyempatkan jalan-jalan ke tempat baru dan bermain dengan teman-temanku entah dalam organisasi serius atau Cuma bermain santai, minimal saya ada kegiatan setiap pekan. Namun, sebagai konsekuensinya aku bekerja keras dari senin sampai jumat dan pulang paling cepat sampai jam 11 malam.

Semoga Allah meridhoi apa yang kukerjakan di tanah Formosa ini, dan menjadikan diriku pekerja keras dan bermental pejuang yang senantiasa bermanfaat bagi umat, Amiin.

Image

Leave a Reply

