Etnis Indonesia dan Thionghoa

Kemarin (18 Mei 2013), aku mengikuti acara Talkshow Hari Kebangkitan Nasional yang diadakan oleh Indonesia Diaspora Network (IDN) di Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei. Dalam kesempatan ini, terdapat 3 pembicara utama, yaitu Pak Dede selaku ketua IDN Taiwan, Pak Chang selaku ketua IOCA (Indonesian Overseas Chinese Association), dan Pak Harsono selaku wakil kepala KDEI.

Tema yang diangkat adalah nasionalisme. Para pembicara memaparkan tentang definisi nasionalisme dan apa yang bisa kita lakukan untuk nasionalisme. Saya tidak akan membahas hal itu, karena itu akan menjadi panjang kali lebar kali tingi (sangat besar volumenya).

Ada hal menarik yang diceritakan oleh Pak Dede selaku ketua IDN. Beliau bercerita bahwa sejak TK sampai SMA, pak dede tinggal bersama etnis Thionghoa. Dalam pandangan mereka, orang pribumi itu malas-malas, dan hal-hal negative lainnya. Begitupun dalam pandangan orang pribumi, orang Thionghoa itu pelit-pelit, dsb. Sejak lulus SMA, pak dede mencoba untuk membuka diri dan memilih kuliah di universitas umum.

Selama kuliah disana, pak dede bergaul dengan semua kalangan hingga beliau mengerti bahwa stigma negative yang selama ini beredar di orang-orang hanyalah sesuatu yang tidak bisa dipertanggung jawabkan. Beliau pun tidak berfikir bahwa pribumi itu pemalas, hal ini dibuktikan dengan persaingan IPK yang sangat ketat. Begitupun dengan teman-teman pak dede, mereka tidak berfikir kalau pak dede pelit. Semuanya tergantung orang, tidak bisa menggeneralisasi permasalahan karena kesalahan individu.

Masih banyak orang-orang yang bertingkah rasis dan membedakan kawan berdasarkan etnis. Mari kita berusaha hilangkan rasialisme yang ada di Indonesia untuk meningkatkan rasa nasionalisme kita, amiin.

 

Taipei, 19 Mei 2013

Talkshow Hari Kebangkitan Nasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s