Nasihat Sang Kiyai

9 September 2012

Pagi itu, Cirebon begitu cerah. Tak ada tanda-tanda akan turun hujan atau gejala alam lainnya. Syukur pun kami panjatkan kepada ALLAH SWT karena saat itu keluargaku ingin berangkat ke Bandara Sukarno Hatta mengantarku pergi menuntut ilmu ke Negri Formosa.

Sebelum berangkat, Aku disuruh ayahku untuk meminta doa dari salah seorang kiyai yang merupakan tetanggaku, beliau bernama KH. Salam. Aku pun datang ke rumah beliau.

Beliau bertanya

Niat adil ke Taiwan mau ngapain?” Haji Salam

Mau menuntut ilmu pak Haji?” Jawabku

Menuntut ilmu untuk apa?” Tanya beliau

Agar bisa bermanfaat bagi orang lain” Jawabku

Dimanapun adil berada, niatkan untuk memperkuat Islam. Ilmu duniawi hukumnya Fardhu Kifayah, namun memperkuat Islam hukumnya Fardhu ‘Ain”. Haji Salam

Nasihat itu mungkin berupa doa yang beliau panjatkan untukku agar senantiasa mengingat ALLAH dan tetap berada di barisan yang memperkuat Islam.

Hari ini, Melalui musyawarah untuk mufakat, secara resmi Aku diamanatkan menjadi pimpinan dakwah mahasiswa di Taiwan wilayah Utara. Aku tidak mengerti mengapa rekan-rekan mempercayakan hasil musyawarah ini kepadaku karena aku merasa diri ini tidak pantas untuk memegang amanat dakwah yang sangat berat ini.

Astaghfirullah, Astaghfirullah, Astaghfirullah. Ya ALLAH ampunilah dosaku, ampunilah dosa orang tuaku, dosa seluruh umat islam di seluruh dunia. RIngankanlah beban di pundakku, mudahkanlah langkah kakiku dalam berdakwah, lancarkanlah lisanku dalam menyampaikan kebenaran, hindarilah diriku dari prasangka dan was-was, dan berkahkanlah hidup kami, dan terimalah amal perbuatan kami, Amiin.

Dakwah

Dakwah

Taipei, 31 Mei 2013/21 Rajab 1433 H

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s