Kesederhanaan yang kami mau

Kunjungan DPR keluar negri adalah hal yang sangat lumrah kita dengar, bahkan protes terhadap kegiatan itu pun lebih sering kita dengar.

Sejenak mari kita renungkan arti dari kunjungan DPR ke luar negri ini. Tentu kunjungan DPR ke luar negri memiliki maksud yang baik agar mereka mendapat masukkan secara langsung tentang kondisi yang ada di luar negri sehingga bisa mengoptimalkan kinerja legislasi mereka ketika berhadapan dengan lembaga eksekutif.

Namun, animo masyaraka khususnya mahasiswa yang tergabung dalam PPI Negara yang dikunjungi menilai kegiatan anggota DPR banyak yang sia-sia. Ditambah lagi media yang menginformasikan sesuatu  yang negatifnya saja tentang kunjungan DPR tersebut, tidak pernah yang positivenya.

Contoh kasus ketika kunjungan anggota DPR ke Italia. Setelah mereka selesai berkunjung, mereka bersantai dan menikmati nyamannya transportasi sungai yang berada di sana. Ada jurnalis yang mengambil gambar mereka sedang bersantai dan mempublishnya di salah satu media di Indonesia

Secara logika, sah saja ketika mereka melakukan itu tatkala tugas Negara sudah selesai dijalankan. Bahkan mungkin saja mereka menggunakan uang pribadi untuk menikmatinya, boleh toh? Kok kita menilai hal ini sebagai sebuah hal yang negative? Selama mereka gak korupsi dan memakan uang Negara untuk kegiatan non kenegaraan, yah sah aja.

Sesungguhnya, jawabannya adalah “Kesederhanaan yang kami mau”. Sebagai seorang pemimpin, hendaknya mampu memberikan contoh kesederhanaan dalam hidup. Kehidupan glamour (jalan-jalan) ke luar negri boleh, memiliki mobil mewah boleh, memiliki rumah mewah boleh, namun jangan menjadi pemimpin, jadilah pengusaha. Karena kesederhanaan yang kami mau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s