Wisuda = Wis Udah

Ada anekdot yang menyebutkan kalau wisuda = wis udah (Artinya selesai sudah). Begitulah arti wisuda yang saya tahu (Pengalaman wisuda S1 di ITB). Peraturan di ITB mensyaratkan mahasiswanya untuk lulus sidang terlebih dahulu, baru bisa mengikuti acara wisuda. Apakah hal ini berlaku di semua tempat/semua Negara?

Mau Pamer Wisuda S1 di ITB dulu

Mau Pamer Wisuda S1 di ITB dulu

Ternyata tidak semua tempat memberlakukan peraturan ini, seperti yang terjadi di NTUST, salah satu universitas yang berada di Taiwan yang mengadakan acara wisuda 1 kali dalam 1 tahun. Prosesi wisuda pun diperkenankan kepada semua orang yang akan lulus sebelum wisuda tahun depan (orang yang kelulusannya 360 hari pun boleh mengikuti wisuda).

Image

Seluruh wisudawan ini belum ada yang lulus

Wisdawan-wisudawan ini masih bujangan loh mbak

Wisdawan-wisudawan ini masih bujangan loh mbak

Walaupun tahun ini bukan jatahku untuk mengikuti wisuda, namun sebagai teman yang baik aku mengiringi teman-temanku yang wisuda hari ini. Aku pun ikut bersenang-senang bersama mereka (walaupun mereka belum tentu bersenang-senang karena sebagian besar dari mereka banyak yang belum sidang). Yah, itung-itung berdoa juga agar aku dan teman-temanku lulus tepat waku.

Foto bareng yang sudah M.Sc dan hampir M.Sc, semoga ketularan, amiin

Foto bareng yang sudah M.Sc dan hampir M.Sc, semoga ketularan, amiin

Uniknya, baju toga yang dikenakan memiliki warna yang berbeda untuk berbagai strata pendidikan. Orang yang lulus Sarjana memiliki baju yang berbeda dengan orang yang lulus master ataupun doktor.

Baju wisudawan S1 NTUST

Baju wisudawan S1 NTUST

Baju wisudawan S2 NTUST

Baju wisudawan S2 NTUST

Baju Wisudawan S3 NTUST

Baju Wisudawan S3 NTUST

Ketika di ITB, terdapat dua hal yang menjadi pembeda antara wisudawa sarjana, magister, dan doctor. Yang pertama adalah lengan Toga. Wisudawan sarjana tidak memiliki lengan toga, wisudawan magister memiliki lengan pendek, dan wisudawan doctor memiliki lengan panjang. Yang kedua adalah jenis medali yang dipakainya. Wisudawan sarjana menggunakan medali perunggu, wisudawan magister menggunakan medali perak, dan wisudawan doctor menggunakan medali emas.

kiri: Toga lengan pendek, Kanan: Toga lengan panjang

kiri: Toga lengan pendek, Kanan: Toga lengan panjang

Kiri : TOga tak berlengan dan medali perunggu. Kanan:Toga berlengan dan medali perak

Kiri : Toga tak berlengan dan medali perunggu. Kanan: Toga berlengan dan medali perak

Euforia wisuda semoga makin memacu teman-teman agar mempercepat studinya dan menyelesaikan tugas akhirnya secepat-cepatnya. Saya ucapkan selamat kepada seluruh wisudawan NTUST, semoga acara wisuda ini juga mampu meningkatkan semangatku untuk menyelesaikan pendidikan masterku secepat mungkin, amiin.

Ruangan wisuda NTUST

Ruangan wisuda NTUST

Sahabat-sahabat sekalian. Mari sejenak renungkan apa arti gelar pendidikan yang kita miliki tanpa adanya kontribusi/manfaat yang bisa kita berikan untuk orang lain. Mari Jadikan momentum wisuda ini sebagai titik balik untuk meloncat lebih tinggi agar membuat Indonesia menjadi lebih baik dan bermartabat.

Taipei, 8 Juni 2013

Nur Muhammad Malikul Adil (Insya Allah calon M.Sc dan calon wisudawan tahun depan, Amiin)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s