Jangan menilai tanpa tahu sejarah

Hari ini, aku menikmati makan malam di kantin vegetarian. Seperti biasa, aku mencari orang Indonesia yang duduk di kantin agar aku bisa makan bersama dengannya dan mengobrol santai dengan mereka agar aku bisa menambah wawasanku dan meningkatkan kepekaanku sebagai amirul mukminin para mahasiswa muslim disini.

Aku melihat pak Khoiri sedang makan sendirian, aku pun mendatanginya dan berdiskusi dengannya. Fokus utama dalam diskusi kami adalah tentang musholla. Beliau bercerita panjang lebar tentang sejarah musholla, hingga perbincangan kami mencapai titik orang yang berjasa terhadap advokasi mushola NTUST.

Aku pun kaget ketika Pak Khoiri bilang si “X” adalah salah satu orang yang berjasa terhadap pendirian musholla NTUST. Beberapa hari yang lalu aku ngobrol bareng si “X” dan respon beliau biasa saja, bahkan acuh tak acuh terhadap Formmit, sehingga aku menilai bahwa si “X” ini orang yang cuek terhadap kegiatan keagamaan.

Namun, pandanganku berubah setelah Pak Khoiri bercerita tentang si “X” yang dulu penuh dedikasi membantu pembangunan musholla NTUST. Pembelajaran singkat namun penuh makna, alhamdulillah masih diberi ilmu dari ALLAH.

Lihat Sejarahnya Dulu

Leave a Reply

