Burukkah Mencarikan Jodoh untuk Anak/Adik Perempuan?

Lagi-lagi ngomongin masalah ini. Kagak ada topik lain apa? Entahlah, gw lagi pengen nulis kayak ginian aja bro.

Gw mau bercerita sedikit tentang sebuah tradisi di beberapa daerah. Untuk beberapa daerah di Pulau Jawa, biasanya wanita yang menunggu dilamar pria. Dan bagi beberapa daerah juga, jika orang tua/kakak mencarikan jodoh untuk anak/adik perempuannya, hal ini seolah-olah menjadi sesuatu yang hina dan sedikit mendekati aib (karena dianggap si anak/adik perempuannya tidak laku).

Aku ingin Sedikit bercerita tentang salah satu sahabat nabi, yaitu Umar bin Khattab. Umar sering dipanggil dengan sebutan Abu Hafsah (yang artinya Bapaknya Hafsah). Seiring berjalannya waktu, saat Umar melihat umur Hafsah yang semakin matang, Umar pun turun langsung mencarikan jodoh untuk Hafsah, putrinya.

Umar menawarkan Hafsah kepada Abu Bakar, abu bakar pun tidak bersedia menikahi Hafsah. Umar pun menawarkan Hafsah kepada Utsman, Utsman pun tidak bersedia menikahi Hafsah. Umar pun curhat ke Rasulullah bahwa dia bingung mencarikan seorang suami untuk Hafsah. Umar sudah menawarkan kepada Abu Bakar dan Utsman namun mereka menolak.

Rasul pun menjawab bahwa Hafsah akan menikah dengan orang yang lebih baik dari Abu Bakar dan Utsman. Umar pun bingung, adakah orang yang lebih baik dari Abu Bakar dan Utsman? (saat itu umar tidak kepikiran Rasul akan menikahi putrinya). Rasul pun bersabda bahwa beliau lah yang akan menikahi Hafsah. Subhanallah, Jadilah Umar sebagai Sahabat sekaligus mertua Nabi.

Mari berfikir, apakah Umar Khawatir Hafsah tidak mendapat Jodoh? Sebenarnya yang dikhawatirkan umar bukanlah dapat atau tidak dapatnya jodoh, melainkan baik atau tidaknya pria yang akan menjadi menantunya. Tentu sebagai orang yang sholeh/sholehah akan bersanding dengan yang Sholeh dan solehah pula, namun perlu juga suatu upaya untuk mencapai hal itu, diantaranya lewat perantara orang tua/kakak.

2 thoughts on “Burukkah Mencarikan Jodoh untuk Anak/Adik Perempuan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s