Peran Pemuda pada Perang Badar dan Perang Uhud

Seperti yang sudah lazim diketahui, bahwa Perang Badar dimenangkan oleh Pasukan Kaum Muslimin, dan Perang Uhud dimenangkan oleh Kaum Musyikin.

Gara-gara nonton film Umar, Aku menganalisis sebab-sebab kekalahan yang jarang dibahas, yaitu peran orang tua dan orang muda. Ketika Perang Badar, Kaum Musyrikin dipimpin oleh Utbah, Umayyah, Abu Jahal, Suhail bin Amr, dan kelompok tua lainnya, dan mereka kalah.

Sedangkan ketika Perang Uhud, pemimpin kaum Musyrikin adalah Khalid bin Walid, Amr bin Ash, Ikrimah bin Abu Jahal, dan Shofwan bin Umayyah. Mereka adalah pemuda Mekkah yang cerdas dan kuat. Mereka yang punya strategi menyerang balik kaum Muslimin ketika kaum muslimin sedang mengambil Ghanimah.  Pada perang uhud, kaum Muslimin kalah.

Umumnya, yang dibahas dalam kekalahan kaum muslimin di perang Uhud adalah karena ketidakdisiplinan mereka menaati perintah Nabi. Yah saya sepakat dan itu adalah faktor utamanya, namun menurut saya pribadi, salah satu faktor lain yang mempengaruhi adalah peran orang tua dan pemuda di dalamnya.

Wallahu A’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s