Beruntunglah yang masih bisa solat dengan bebas

Di bulan Ramadhan 1434 H, ALLAH SWT memberiku kesempatan untuk berbagi ilmu dan menggali ilmu dengan para sahabat muslim di Taipei.

Aku mengisi acara pesantren kilat dengan memberi tausiyah singkat, membantu para pekerja untuk belajar membaca huruf hijaiyah, dan mendengarkan kajian ilmu yang disampaikan oleh pemateri.

Ada satu hal yang unik yang menarik menurutku. Sebagian besar dari mereka kesulitan untuk Solat. Entah itu solat fardhu atau bahkan solat Jumat. Mereka banyak yang bolos kerja untuk solat di sela-sela kerja, bahkan tidak sedikit dari mereka yang menjamak solatnya. Mereka pun bingung, apakah selama 3 tahun aku kerja disini solatku selalu di jamak?

Suatu permasalahan yang kompleks sekali. Aku bukan ulama yang ahli dalam ilmu fiqih, sehingga saya tidak berani berijtihad untuk hal itu. Karena di satu sisi, mereka punya keinginan untuk solat, di sisi lain mereka korbankan solat demi duniawi (pekerjaan). Aku tidak berani berpendapat terkait hal ini.

Namun, yang patut kita syukuri adalah status mahasiswa yang kita sandang yang memudahkan kita untuk beribadah. Saya belum pernah menemui teman mahasiswa (khususnya di Taipei) yang gak bisa solat jumat. Alhamdulillah, terima kasih ya ALLAH atas nikmat waktu luang yang engkau berikan, mudahkanlah saudara-saudara kami yang mengalami kesulitan dalam beribadah. Permudah jalannya, lancarkan rizkinya, dan senantiasa istiqomahkan mereka, Amiin. (Yang Baca Wajib Mengaminkan).

Leave a Reply

