Abu Ubaidah nya Yogya

Saya punya seorang teman yang bernama Isro Hutama. Beliau adalah teman, sahabat, saudara sesame muslim, sekaligus partner kerja saya. Isro adalah seorang engineer sejati, mau bekerja tapi yang kongkrit dan jelas kerjaannya, bukan sesuatu yang abstrak. Terlalu banyak kebaikan saudara Isro sehingga akan panjang sekali kalau dijelaskan. Sederhananya, saya menyebut Isro sebagai “Abu Ubaidahnya yogya”.

Abu ubaidah adalah satu dari 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga.  Sedikit saya bercerita tentang sejarah, yaitu tentang syiria.

Syiria adalah suatu daerah di timur tengah yang memiliki kebudayaan yang cukup maju jika dibandingkan dengan Arab. Bahkan orang Badui Syiria adalah orang Kotanya daerah arab. Ketika zaman kekhalifhan Umar bin Khattab, Syiria dapat ditaklukkan dan beberapa orang dikirim untuk mengurusi daerah Syiria, salah satunya adalah Abu Ubaidah.

Ketika khalifah Umar berkunjung ke Syiria, beliau pun berkunjung ke rumah Abu Ubaidah. Komentar yang diberikan umar adalah, Syiria telah mengubah banyak orang, namun tidak mampu mengubah kesederhanaan Abu Ubaidah.

Begitulah sosok Isro, walaupun tinggal di kota besar (Yogya dan Taipei), namun tidak merubah kesederhanaannya. Selalu pakai sandal jepit, jarang mandi, Hape Jadul, dan kesederhanaan lainnya seperti halnya kesederhanaan Abu Ubaidah. Saya doakan semoga anda benar-benar menjadi sosok Abu Ubaidah, Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s