Exam (考試)

Bagi rekan-rekan yang pernah sekolah SD, SMP, atau SMA pasti pernah mengalami ujian kenaikan kelas, dan hampir pasti kalau attitude kita baik maka kita akan naik kelas tidak masalah bagaimanapun nilai ujiannya.

Begitu halnya dengan kehidupan. Ketika seorang manusia sedang mengalami ujian kenaikan level dari suatu level menuju level diatasnya, maka Allah akan mengujinya dengan beberapa cobaan, Apabila dia lulus, maka dia akan menuju level yg baru, kalau dia gagal, maka dia akan diam di tempat.

Ujian kenaikan level ini banyak cobaannya, cobaan harta, tahta, wanita, atau justru cobaan yang tidak menyenangkan. Kehilangan seseorang yang kita sayangi, kehilangan harta, ataun justru kesabarannya yang diuji dalam menghadapi orang menyebalkan, ataupun ketidaknyamanan lainnya.

Sebuah pedang yang tajam berawal dari sebuah baja tak berharga, yang ditempa dengan panas, lalu didinginkan, di pukul-pukul, dipanaskan lagi, didinginkan lagi, dan seterusnya hingga terbentuklah pedang tajam yang dengan mudah memotong apapun.

Layaknya kepribadian seorang manusia, seorang yang memiliki pribadi tajam dan memiliki kemampuan yang mumpuni tentu akan berbeda cobaannya dengan orang yang ditempa dengan keringanan dan kenyamanan hidup. Syukurilah apa yang ada, karena hidup adalah Anugerah, hidup itu Indah bagi yang bersyukur dan ikhlas.

#RefleksiSangBocahBodohYangTakKunjungPintar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s