Kemanakah Sosok Umar bin Khattab

Demi Allah, Film Umar bin Khattab yang digarap oleh MBC Grup adalah salah satu film terbaik yang pernah aku tonton.

Film tersebut mengisahkan tentang Khalifah Umar bin Khattab semenjak zaman jahiliyah menuju zaman keemasan, yang sampai puncaknya dapat meruntuhkan kerajaan Persia yang sudah berabad-abad menguasai dunia bersama kerajaan Romawi, dan juga dalam massa Khalifah Umar, Islam dapat menguasai Baitul Maqdis (Yerussalem kata orang Yahudinya).

Umar pun diceritakan bahwa beliau pernah memikul beras dan kebutuhan pokok lainnya sendiri ketika mengetahui bahwa ada rakyatnya yang kelaparan, ada rakyatnya yang memasak batu untuk menghibur anak-anaknya yang kelaparan.

Umar pun diceritakan pernah menegur anaknya (Abdullah) karena dia melakukan jual beli Unta. Kok jual beli onta ditegur? Karena di Arab, ada suatu biro jasa untuk menggemukkan unta. Dan ketika Umar melihat unta yang gemuk sendiri, ditanyalah kepada sang biro jasa siapa yang memiliki unta tsb. Setelah diketahui bahwa yang memiliki unta tersebut adalah anaknya, maka umar memerintahkan Abdullah untuk tidak ikut berdagang unta.

Sungguh bertolak belakang sekali dengan yang terjadi di Indonesia. Kasus Ratu Atut dan adiknya yang hidup berkemewahan tidak luput jadi santapan berita di Pagi hari. Kehidupan mewah dan priviledge yang didapat untuk seorang pemimpin sangat berbeda dengan yang diterima oleh khalifah umar bin khattab.

Ya ALLAH, kami rindu sosok pemimpin seperti Umar bin Khattab. Muliakanlah Indonesia dengan hadirnya pemimpin seperti beliau, Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s