National Geographic Exhibition

Hari ini, aye dan 2 orang temen (Baca : Haryo dan Defa) mengunjungi sebuah pameran akbar di kota Taipei. Mengapa disebut pameran akbar? Karena pameran ulang tahun ke-125 sebuah majalah yang sangat terkenal di dunia, termasuk di Taiwan dan di Indonesia. Majalah apakah itu? Ada yang bisa nebak? Jawabannya adalah  “Eng ing eng Majalah National Geographic”.

Exhibition

Exhibition

Narsis dulu Gan

Narsis dulu Gan

Jam 10 kite berangkat dari kampus, nyampai sekitar jam 11 disana. Pas udah nyampe sana, gila antriannya panjaang banget gan. Karena udah kadung nyampai TKP, akhirnya beli deh tuh tiket seharga 220 NTD (kagak makan 1 minggu niy, T_T).  Abis itu, masuklah kita ke lokasi Pameran.

Ngantri yang baik Gan

Ngantri yang baik Gan

Seperti yang kita ketahui (mungkin agan-agan ada yang belum tau), National Geographic adalah majalah yang berkaitan dengan science, social, berita actual, kenegaraan, tempat-tempat unik, dll. Majalah itu dicetak pertama kali tahun 1888, dan tahun ini adalah peringatan ke-125. Lebih tua dari kakek agan-agan kan majalahnya? Bahkan lebih tua dari buyut aye malah. Di kampung aye zaman itu masih mikirin bagaimana nyari makan, di amerika udah mikirin bagaimana buat majalah. Gokil abis!!!

Kotak Kuning Ajaib

Kotak Kuning Ajaib

Pertama kali masuk, aye disuguhin ratusan jenis tempelan majalah-majalah dari cetakan pertama ampe cetakan terbaru. Ada 1 hal yang aye sedihkan gan. Kagak ada tuh cover majalah yang memuat Indonesia. Pernah ada 2 kali si, yaitu tentang film yang judulnya apa gituh aye lupa (semacam pemberontakan PKI gituh deh, tapi pemerannya orang bule.), yang kedua adalah tentang orang utan. Cuma kagak disebut Indonesianya, Cuma disebut Borneo doank. Borneo kan bisa juga Malaysia dan Brunei.

Itu sekilas tentang cover majalahnya gan. Sekarang balik lagi ke pameran. Akhirnya Aye masuk, gilee ngantrinya panjang banget gan. Harus sabar deh disitu. Insya Allah agan2 bisa cepat masuk surge kalau datang kesana (karena udah latihan sabar ngantri). Foto-foto gokil dipampang disana, bahkan foto tahun 18xx pun sudah ada gan, walaupun masih hitam putih. Ni pameran bener-bener ngemunculin bukti bukti sejarah yang mantaph gan.

Ekhibitionnya ada 2 lantai. Lantai pertama tentang ke-Taiwan-an. Lantai kedua tentang Exhibition Science, Budaya, kesukuan, hingga tempat-tempat sacral, seperti gambar Ka’bah yang diambil tahun 1965 pun ada disana gan. Aye juga kagak ngarti kenapa diambil nya tahun 1965. Padahal NatGeo udah ada sejak 1888, Orang Thowaf sudah sejak zaman nabi Ibrahim (sekitar 4000 SM suda ada).

Setelah selesai ngemuterin lantai 2. Aye balik lagi turun ke lantai 1. Nah di lantai 1 ini, tempat jualan barang-barang national geographic. Aye beli 1 barang berupa alas mouse yang bergambar ka’bah gan. Semoga aye selalu ingat ka’bah karena tiap hari aye duduk di depan komputer, Aamiin.

Labbaikallahumma Labbaik

Labbaikallahumma Labbaik

Ada beberapa fakta unik dunia yang menurut aye menarik, fakta-fakta itu diantaranya :

  1. Tau Alexander Graham Bell kan? Yang nemuin telpon tuh. Si Doi adalah Presiden kedua National geographic. Pas zaman presiden pertama, majalah NatGeo Cuma berisi tulisan. Pas zaman si Bell ini majalahnya mulai berisi gambar. Jadi perkembangannya pesat banget pas si Doi jadi Presidennya. Agan-agan aja yang udah mahasiswa S2 lebih suka gambar kan daripada tulisan? Apalagi zaman itu gan.
  2. Taipei dahulu namanya Taihoku dan  Keelung namanya Kirun.
  3. Tahun 1910. Mulailah cetak gambar berwarna. Eits, tunggu dulu gan. Gak seperti zaman sekarang yang tinggal klik print, terus beres. Zaman dulu printer nya itu masih hitam putih sehingga diwarnai sendiri oleh tangan. Usut punya usut, dana yang dihabiskan untuk membayar tukang mewarnai itu aja bisa sampai 4 kali biaya produksi normal. Gokil kan demi inovasi baru (demi Bid’ah)?
  4. Tahun 1920, Majalah Natgeo berjudul “Formosa”. Cerita tentang penjajahan Taiwan oleh Jepang dan tentang suku-suku asli Taiwan. Majalah ini ditulis oleh seorang contributor asal Portugis
  5. Tahun 1927. Mulailah NatGeo mengambil objek laut. Artinya mau ambil gambar di bawah laut. Dan yang dipilih saat itu adalah laut di Florida.
  6. Tahun 1931. NatGeo merambah ke dunia Society. Mulai mencoba menjarah dunia kesukuan. Tahun ini, objek yang diambil adalah orang Afghanistan. Orang Afghanistan jadi contoh keunikan suku pertama majalah NatGeo, mantaph gan.
  7. Tahun 1934. Dipublish juga tentang Bermuda. Gambar offshore yang terletak di wilayah Bermuda jadi gambar andalan di tahun ini.
  8. Balik lagi ke Taiwan. Tahun 1945 Amis Tribe (salah satu suku di Taiwan), masuk majalah NatGeo tentang keunikan society nya.  Kalau gak tau Amis Tribe, monggo agan-agan bisa buka link ini.
  9. Masih di Tahun yang sama (1945). Taiwan sudah memiliki Roller coaster, namun hanya bisa ditumpangi oleh 2 orang dan sistemnya masih manual belum elektrik.
  10. DI Tahun 1993, NatGeo pun kembali mencolek Taiwan. NatGeo menceritakan bahwa tingkat polusi di Taipei tahun 1993 sudah sangat tinggi. Terdapat 460 ribu mobil, 7300 bis, 38 ribu taksi, dan 869 ribu sepeda motor. Kebayang kan gimana polutifnya Taipei. Itulah stimulus mengapa pemerintah Taipei menggalakkan transportasi masal.
  11. James Camerron telah memecahkan rekor sebagai Single Diver ketika menyelam di Samudra Pasifik tahun 2012 dengan kedalaman 11 km.
  12. Pohon tertinggi di dunia berada di Mount Everest dengan ketinggial 367.8 kaki, ditemukan oleh Paul Zahl . Sekitar 40 tahun kemudian, barulah pohon tersebut diakui sebagai pohon tertinggi di dunia dan diberi nama “The President”.
  13. Tahun 1977, anak2 di wilayah rusia bagian utara harus berjemur di depan sebuah lampu yang sangat besar yang memancarkan sinar UV ketika winter tiba. Karena tidak ada matahari ketika winter dan anak-anak harus membutuhkan sinar UV untuk menyuplai kebutuhan vitamin D.
  14. Agan pernah lihat cover majalah seorang wanita Afghan? (Bukan Afghan penyanyi), tapi wanita Afghanistan . Yang kerudungnya merah dan matanya biru? Tuh cover pernah jadi best cover seluruh majalah selama tahun 1985. Wajah Persia, mata biru, itulah ciri wanita tsb. Sang Wanita ingin berkata bahwa dia pun telribat dalam peperangan di Afghanistan dan tidak akan menyerah serta akan terus berusaha membela afghanistan.

Demikian agan-agan fakta-fakta  unik dunia yang menurut aye menarik. Ayo semangat membaca. Perluas wawasan dan perluas jaringan. Insya Allah membaca akan selalu memberi manfaat untuk kita semua, Aamiin.

Semoga coretan singkat aye ini bermanfaat ya agan-agan , Aamiin. Wassalamu’alaikum

Ini Tiketnya Gan (Gokil kan tiketnya?)

Ini Tiketnya Gan (Gokil kan tiketnya?)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s