Ubike

Di Negara berkembang, mengendarai sepeda merupakan hal yang tidak lazim, bahkan anak-anak SD zaman sekarang sudah mengamuk minta ke orang tuanya untuk diperkenankan menggunakan sepeda motor.

Berbeda halnya dengan Negara maju (Taiwan Contohnya), dimana suatu Negara dikatakan maju bukanlah ketika si miskin memiliki sebuah mobil, namun ketika si kaya menggunakan transportasi umum. Berbagai transportasi umum yang nyaman dan aman menjadi alternatif yang sangat memuaskan bagi masyarakat. Salah satu transportasi yang unik di Taipei adalah Ubike.

Image

Ubike

Ubike adalah sepeda yang berwarna kuning dan berbentuk seperti huruf U. Kita bisa mendapatkan Ubike di beberapa stasiun ubike. Kita bisa cek daerah mana saja yang memiliki stasiun Ubike di website www.youbike.com.tw .

Untuk menggunakan Ubike, kita harus memiliki akun terlebih dahulu. Akun bisa dibuat di tempat registrasi Ubike di sebelah Stasiun Ubike. Kita harus mempersiapkan Easy Card (student ID) dan nomor Hp. Setelah registrasi selesai, kita perlu aktivasi kode yang dikirim ke Hp kita via sms. Setelah aktivasi selesai, kita bisa menggunakan Ubike dengan menmpelkan easy card ke sebuah monitor kecil di sebelah Ubike. Kita tidak dibebankan biaya untuk penggunaan Ubike selama 30 menit pertama, dan hanya dibebankan biaya 10 NTD per 30 menit selanjutnya. Murah kan?

Image

Ubike Registration

Namun jangan kaget yah ketika kita ingin ambil Ubike di sebuah stasiun namun tidak ada Ubike yang tersedia disana, ataupun sebaliknya. Kita ingin meletakkan Ubike di sebuah stasiun namun sudah penuh sehingga kita harus mencari stasiun lain untuk mengembalikannya. Untuk mencegah itu, kita bisa cek jumlah kuota kosong dan terpakai pada suatu stasiun melalui layar monitor tempat kita registrasi Ubike. Selamat Menikmati !!!

Image

Ubike Station Sepi

2 thoughts on “Ubike

  1. ulasan yang menarik dan lengkap tentang public transport di Taiwan. saya juga sudah baca seri lainnya tentang MRT, bus, dan taksi.
    ubike klo diterapkan di Indonesia sudah gak tentu rimbanya kali ya, ilang dicuri orang. hehe.
    imo, agar lebih informatif judulnya diubah jadi semacam “Seri Public Transport di Taiwan : UBike”.

    nice post mas🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s