Bus

Salah satu alternatif transportasi umum yang pas di Taiwan adalah Bus. Bus ini lebih efektif dibandingkan MRT, karena langsung turun di tepi jalan. Kalau menggunakan MRT memang lebih cepat namun untuk masuk MRT saja kita harus naik turun tangga yang sangat tinggi. Selain itu, rute bus hampir ada di setiap jalan raya, sehingga kita bisa milih yang terdekat dari tempat kita berada dan lebih mudah untuk mencapai tujuannya.

Umumnya, Bus di Taipei menggunakan jasa pelayanan easy card untuk pembayaran. Walaupun ada beberapa bus yang mengharuskan penumpangnya menyiapkan koin untuk pembayaran. Bus di Taipe ini sangat unik pembayarannya, kadang di awal kadang di akhir, tergantung jenis bus yang kita tumpangi.

Image

Waktu pembayaran

1 wilayah 1 kali pembayaran. Walaupun definisi wilayah disini tergantung rute bus, namun pergantian wilayah ditandai dengan adanya pergantian waktu pembayaran. Pembayaran yang semual diawal, setelah pergantian wilayah jadi berganti menjadi di akhir, begitupun sebaliknya.

So, kalau kita masuk di wilayah satu dan bayar di awal, lalu kita turun di wilayah dua, maka kita bayar lagi karena pergantian wilayah merubah pergantian waktu pembayaran. Teman-teman beruntung kalau pertama masuk, pembayaran harus di akhir, kemudian turun di wilayah berbeda yang pembayarannya di awal sehingga teman-teman tidak perlu membayar bus lagi. Ayoo berkelana keliling Taipei.😀

Image

Bus in Taipei

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s