Islamic Exhibition in National Taiwan Museum

National Taiwan Museum berada di Taipei, tepatnya di lokasi Taman S228. Kita bisa menggunakan MRT dan turun di stasiun NTU Hospital. Selepas keluar dari NTU Hospital, kita tinggal mengikuti peta yang ada untuk menuju lokasi.

National Taiwan Museum tampak seperti biasa jika dilihat dari luar. Namun, jangan aneh jika kita terkagum-kagum ketika sudah masuk ke dalamnya. Terdapat 4 lantai di museum ini, dari lantai Basement hingga lantai 3. Tema disetiap lantai berbeda dan tema tersebut selalu berganti setiap dua bulan sekali.

Di museum ini, tema selalu berganti dua bulan sekali. Pada bulan Januari-Februari ini, tema yang diusung adalah berkaitan dengan tumbuhan, hewan laut, artefak kuno, dan Islam.

Hal yang paling menarik disini adalah selama 4 bulan kedepan Pameran keislaman akan selalu ada disana. Terlebih lagi, Pameran ini memiliki space yang paling luas karena lantai 3 seluruhnya berisi tentang Islamic Exhibition. Sedangkan lantai Basement, lantai 1, dan lantai 2 masing-masing lantai berisikan 2 tema (1 tema hanya memakan space setengah lantai).

Lafadz ALLAh yang terpampang sangat besar di tangga menuju lantai 3 dan lantunan ayat suci Al Qur’an semakin mengokohkan hati ini bahwa Kejayaan Islam pun akan berkembang di Taiwan. Dan saya yakin hal itu akan terjadi karena semakin banyaknya orang yang tertarik ke Agama dan saya beruntung bisa menyaksikan langsung dan mendidik langsung salah satu muallaf di Taiwan.

Lafadz ALLAH

Lafadz ALLAH

Ketika pertama kali memasuki ruangan di lantai 3, kita akan melihat slide show video yang berisikan tentang masjid-masjid yang ada di dunia. Lalu berjalan sedikit, nanti kita akan melewati sebuah kaligrafi Allah dan Muhammad, serta kaligrafi Asmaul Husna. Selain itu, kita akan melihat miniatur orang solat, poster-poster tentang rukun Islam, rukun Iman. Mushaf-mushaf indah pun ditunjukkan disana. Pameran baju-baju muslim tak luput pula dijajakan disana, dan cukup banyak pengunjung yang ingin mencoba baju-baju tersebut.

Sejarah Islam serta kebudayaan Islam pun menjadi panorama yang sangat indah untuk dilihat. Sejarah Islam dari zaman Rasulullah Muhammad SAW, Khulafaur Rasyidin, Dinasti Bani Umayah, Bani Abasiyah, Bani Utsmaniyah semakin mengokohkan Islam sebagai agama yang pernah menguasai dunia. Disediakan juga beberapa kosakata arab yang sering digunakan oleh orang-orang muslim, dan dijelaskan pula beberapa kebudayaan Negara-negara Islam.

Di dekat pintu keluar Exhibition, terdapat potret Kondisi Islam di zaman Modern, khusunya di Negara-negara yang muslimnya merupakan mayoritas (seperti Indonesia, Malaysia, Brunei, Arab Saudi, dan lain-lain). Potret organisasi Islam yang mewarnai gerakan-gerakan Dakwah di Negara-negara tersebut menjadi palang pintu terakhir Muslim Exhibition tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s