Antara Jawa, Betawi, Sunda, Manado, dan Padang

Berbicara tentang negri ini emang gak pernah ada habisnya, dari masalah politik, hingga masalah ngurus itik. Dari masalah tukang jualan duku, hingga masalah suku. Berbicara tentang suku juga sangat unik, bahkan ada sebuah anekdot yang menyebutkan singkatan dari beberapa suku (daerah). [No Racism]

JAWA = JAga WArung

BETAWI = BETAh di Wilayah sendirI

SUNDA = SUka daNDAn

MANADO = MenANg tampAng DOank

PADANG = PAndai DAgaNG

Kita bahas dari yang pertama dulu yah gan.

1. Jawa (JAga WArung)

Hampir di setiap kota itu pasti ada masakan Jawa, dan hampir pasti di tempat jualan masakan Jawa yang jaga warungnya itu orang Jawa. Bahkan di Taiwan sendiri pun, Toko Indonesia, dari Indo Sakura, Indo Jaya, sampai Indo Arema banyak dijaga oleh orang Jawa. Warung-warung Jawa lainnya yang terkenal adalah Warung Nasi Kucing, warung Angkringan, Warung Tegal, Bakso Malang, Bakso Solo, warung tahu Gimbal di Semarang, dan lain-lain (capek kalau sebutin nama warung-warung Jawa, gak ada habisnya). Bagusnya, orang Jawa itu kesabarannya tinggi banget, kaki kejatuhan besi dan bengkak, dijawab “Alhamdulillah, untung gak berdarah”.

2. Betawi = BETAh di Wilayah sendirI

Mungkin susah nyari orang Betawai Asli, secara Jakarta sekarang udah penuh dengan pendatang, mungkin orang Betawi Aslinya pada hijrah ke pinggiran Jakarta (Depok, Tangerang, Bekasi, dsb). Dari pengamatan aye selama aye tau, Rata-rata orang betawi itu betah di kampung sendiri, jarang merantau, pengennya pulaang terus, bahkan Travelling pun malas-malasan. Begitupun dengan orang-orang non Betawi yang pinggiran Jakarta, mungkin sudah terpengaruh budaya betawi, rata-rata dari mereka jarang yang ingin merantau jauh. Baru merantau jauh sebentar doank, Home Sick nya gak ketulungan. Kelebihannya, orang yang tinggal di Jakarta itu cenderung Fleksible, bisa bergaul dengan berbagai golongan, dan Gak Pelit.

3. Sunda = SUka daNDAn

Aye 5 tahun gan tinggal di Kota Kembang, dan aye akuin emang deh Mojang Bandung itu cantik-cantik. Bahkan ada anekdot yang mengatakan bahwa kalau pacaran ama orang Bandung, duitnya banyak habis di beli bedak dan Parfume karena rata-rata disini orangnya suka dandan. OOT, salah satu oleh-oleh yang harus agan beli kalau ke kota Bandung adalah Peuyeum, bukan [Peuyeumpuan] loh gan. Peuyeum adalah Tape yang berwarna putih dan rasanya enak banget gan (jadi pengen makan Peuyeum). Kelebihan orang Sunda itu halus, kekeluargaannya tinggi, dan orangnya kreatif.

4. Manado = MenANg tampAng DOank

Aye kagak berani banyak komentar gan terkait orang Manado karena aye belum pernah tinggal di sana, dan aye pun cuma punya sedikit teman orang Manado, jadi kurang representatif. Kelebihannya orang Manado adalah cantik-cantik dan Ganteng-Ganteng (Menang Tampang DOank). Kemampuan? Wallahu A’lam.

5. Padang = PAndai DAgaNG

Aye belum pernah menemukan sebuah kota di Indonesia yang pernah aye kunjungin yang didalamnya gak ada warung masakan padang. Orang Padang itu Pandai Dagang gan, warung masakan Padang ada dimana-mana. Lalu bagaimana cara menghitung jumlah orang Padang di Jakarta? jawabannya adalah jumlah perempatan di kali 3. Karena saking banyaknya masakan padang, hingga diasumsikan warung makan padang ada di setiap perempatan. Dan setiap warung padang ada 1 uda, 1 uni, dan 1 anak.

Sekian aja dulu gan pembahasan tentang suku-suku yang ada di Indonesia (aye cuma nulis 5), karena hanya ini yang aya tahu langsung. Mungkin agan-agan bisa Share juga tentang suku-suku lainnya. Aye kagak benci ke suku manapun dan aye kagak fanatik dengan kesukuan aye sendiri, aye cuma menganggap ini sebagai keunikan negri kita gan.

Mohon maaf kalau ada kata/kalimat yang kurang berkenan di tulisan ini, aye kagak bermaksud rasis gan. Sumpah Demi ALLAH aye cinta Indonesia dan keberagamannya, termasuk jenis suku-suku di dalamnya. Aye menulis ini karena aye kagum dengan Indonesia, banyak banget suku-sukunya dan setiap suku memiliki keunikan masing-masing.

Image

26 thoughts on “Antara Jawa, Betawi, Sunda, Manado, dan Padang

  1. Gua Tambahin yaa..CEWEK MANADO nggak semuanya PUTIH PUTIH kalo trus pemalas and suka Buang Buang Uang walaupun Bukan Hasil dia sendiri..Rata Rata Orang Manado Itu PELIT walaupun mereka akan marah di bilang seperti itu, cewek manado banyak yang jadi PEREK di PAPUA sama AMBON wajar kalo mereka merasa paling putih…beda sama cewek di jawa Mau dibayar 1 milyarpun mereka nggak bakalan mau ML sama Orang PAPUA, Cewek Manado Banggain Warisan Orang tua sedang Cewek Jawa Lebih Mandiri , Rata Rata SDM di manado Rendah Karena Malas Sekolah kalo orang manado sendiri bilang PATAH PATAH PENSIL

  2. Sori bro, mau meluruskan sedikit komen-komen di atas.
    Tolong jangan menilai cewek manado semua kayak gitu. Lebih banyak yang baik-baik dan berprestasi.
    Di tiap daerah pasti ada cewek baik dan gak baik. Mungkin ada cewek ga bener yg suka jual diri trus biar laku ngaku-ngaku manado padahal bukan orang manado ya biar cepet laku.
    Jangan disamakan semuanya, karna cewek manado asli harga dirinya tinggi, mana mau dijual jual begitu.

  3. Waduh… “no racism” bagaimana? Yang seperti ini tuh termasuk ‘racism’. Anda sebagai insinyur harusnya jangan menulis sesuatu yang berhubungan dengan stereotip dong. Walaupun anda menyebutkan kelebihan dan kekurangan masing-masing suku, tetap saja ini tidak disukai. Terserah anda punya penilaian apa, tapi cukup tau aja buat diri anda sendiri.

  4. Haha sepertinya banyak yg galau sampe menghina hina cwe manado..cinta nya ditolak ye ame mrka? nulis yg berbobot dikit om, betul situ ga rasis tapi memancing munculnya komen2 rasis..mending sxan nt rasis nulisnya buat lucu2an kyk stand up comedy bahannya..ini tulisan ente kyk malaikat gtw nya iblis..

  5. Maaf ni buat penulisnya, orang Manado tidak bebegok yang anda pikirkan loh ya! Memang orang manado lebih di kenal dengan ganteng dan cantiknya, namun ga itu aja, org manado harga dirinya itu tinggi dan bnyak orang kaya juga disini jadi jarang sekali ada PSK, walaupun ada PSK itu 80% BUKAN ORANG MANADO ASLI dan hanya mengatasnamakan orang manado biar cepat laku kan secara Manado terkenal paras cantik, dan manado juga memiliki prestasi salah satunya salah satu SISWA KAMI salah satu TIM OSN yang berlomba di Internasional bisa mendapatkan Perak Internasional membanggakan INDONESIA. Jadi, admin asal nulis aja mungkin admin benci sama orang manado. apa yang admin tulis itu TIDAK BENAR! MAKASIH.

  6. Manado itu terkenal dengan kerukunan beragama, manado juga ga kayak daerah lain yang suka demo-demoan, kami disini menjaga damai, kami disini juga mayoritas GANTENG DAN CANTIK, manado juga sering jadi tempat acara/rapat yang bergelar Internasional karna Manado masih tentram tidak seperti daerah lain yang banyak pembunuhan dan demo-demoan dll. Siswa-siswa kami itu banyak berprestasi juga hingga ada yang berlomba tingkat dunia wakili Indonesia dan sulut seperti sklh MIS, LOKON, SMA BINSUS MANADO, SMAN 1 MANADO, EBEN HAEZAR MANADO, dan sklh unggulan lain. Jadi jangan ASAL dong admin.đŸ™‚

  7. Orang padang pandai berdagang karena orang padang itu dasarnya punya gengsi yang tinggi dan pantang terus-menerus disuruh. Giliran jadi bawahan, orang padang itu niat belajar dan berkomitmen suatu saat pencapaian tertingginya adalah membuat adikarya yang udah dipelajari.

    Ane sendiri orang padang (@YNGKR) yang gede di Bandung, tapi karir ane di komunikasi dan jurnalistik.

    Kalau suka dandan mungkin iya, tapi stigma suka dandan itu relatif. Cewek bandung juga banyak yg cakep natural. Dan memang orang sunda itu kekeluargaan tinggi, temen ane juga banyak orang betawi, pandai juga adaptasi di tatar parahyangan (malah aksen bahasa sundanya lebih halus).

    Orang menado memang punya paras dan fisik yg bagus, orang menado juga terKADANG kalau ngomong suka tinggi. Tapi jangan salah, orang menado toleransi sama solidaritasnya paling juara dan orang menado gak keberatan nerima kritikan

  8. yg bilng orang manado itu jelek dan suka jual diri,pasti dia ada dendam sama orang manado kerena pernah di hina oleh orang manado,orang manado aslinya pandai,cantik,putih dan suka bergaul dengan siyapapun karna TORANG SAMUA BASUDARA maju terus warga kawanua.

  9. orang manado itu pandi bergaul,cantik,bahkan kebayakan artis ibu kota berdarah manado berabenci sama orang yg minta2,karna di manado itu gengsi no1 jadi tak heran di manado semua kerja keras,manado tempat yg damai kta lihat saat terjadi konflik palu dan maluku justru manado tempat yg kodusif dan aman bahkan manado tidak terpancing tetapi menjadi tempat berlindung.

  10. ngapunten ms adil,kulo tiang jawi,sampean niki tiange pinter tapi kok utek e ketul nggeh?peline sampean np mboten saget ngaceng?gambaripun garuda nanging utek e seneng ngedu.matur suwun

  11. Hahaha! Kita tidak perlu membully penulisnya dong. Kalau memang ini membuat senang penulisnya, ya biarkan saja. Dan kita tidak tahu pula bagaimana kondisi penulisnya, mungkin kalau dia tidak menulis tulisan seperti ini dia akan mengalami apa begitu… misalnya kalau tidak menulis yang seperti ini, dia akan keblinger atau gimana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s