Sekedar cari karir? Lebih dari itu Bung

Tidak terasa sudah hampir 7 tahun rasanya saya mengenyam pendidikan tinggi sejak tahun 2007 s.d sekarang. Perbedaan yang sangat jelas Antara pendidikan tinggi dengan pendidikan dasar dan menengah adalah adanya riset sebagai syarat kelulusannya.

Selama menjalani kehidupan sebagai mahasiswa S1 ataupun S2, tampaknya aku telah menemukan Passion ku, yaitu berkiprah di dunia akademik. Dunia akademik yang di maksud disini adalah dunia pendidikan tinggi (alias Dosen).

Menjadi dosen sedikit berbeda dengan menjadi Guru di Pendidikan dasar dan menengah. Selain memiliki tugas untuk mengajar dan mendidik, menjadi seorang dosen memiliki tanggung jawab untuk melakukan riset. Riset yang seperti apa yang akan dilakukan? Itulah pertanyaan yang masih mengganjal dalam benak saya.

Riset yang dilakukan oleh para akademisi (baca : Dosen) hendaknya berkorelasi dengan kebutuhan Industri atau kebutuhan pemerintah. Jika tidak, minimal riset yang akan dijalankannya merupakan riset yang visioner dan merupakan ilmu yang diprediksi akan berkembang di massa depan.

Lalu, apakah profesi dosen hanya sebagai rutinitas yang hanya dinikmati sendiri? Memiliki sebuah karir yang menjulang tinggi dengan berbagai macam publikasi tanpa adanya korelasi dengan Industri? Agar mendapatkan Jabatan Professor dan mendapatkan tunjangan lebih? Atau apa?

Disinilah bagian yang sangat menantang bagiku. Aku ingin menjadi bagian dari Revolusi Industri di Indonesia. Tidak hanya sebatas publikasi tanpa korelasi, dan tidak pula hanya sebatas Proyek Industri berbasis untung Rugi. Keinginanku menjadi dosen tidak hanya sebatas itu, tapi juga ingin menjadi agen perubahan dunia yang mana Bumi ini akan tersenyum karena seorang Adil pernah dilahirkan. Insya ALLAH kelak saya akan menjadi seorang Dosen yang mampu mengolaborasikan Pengembangan Industri dan Riset Akademik.

Pertanyaan terakhir pun bergelantungan di kepalaku. Lalu setelah itu semua tercapai, terus napa? Inilah pertanyaan yang hanya bisa dijawab oleh seorang Muslim. Seorang Nur Muhammad Malikul Ingin menjadi pribadi yang bermanfaat bagi umat, yang semua kegiatan yang dilakukannya dinilai Ibadah oleh ALLAH SWT, aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s