Belajar dari Angsa dan Telur Emas

Dahulu kala, ada seorang petani yang memiliki seekor angsa. Angsa tersebut dipelihara dengan baik oleh sang Petani. Tanpa disadari, angsa tersebut bertelur emas.

Petani pun sangat girang. Setiap hari angsa tersebut bertelur dan petani mendapatkan kekayaan atas emas yang dihasilkan tersebut.

Dengan kekayaan yang semakin bertambah, sifat rakus mulai menghinggapi sang petani. Dia sudah tidak sabar menunggu sang angsa untuk bertelur, akhirnya dia membunuh angsa tersebut dan mencari telur emas di dalam tubuh angsa. Namun, sang petani tidak menemukannya. Sekarang, sang Petani tidak bisa mendapatkan telur emas seperti yang ia dapatkan sebelumnya.

Pembelajaran yang bisa diambil dari kisan fiktif tersebut adalah tentang “Mengontrol Keseimbangan”. Jika kita merujuk pada buku the-7-habits-of-highly-effective-people yang ditulis oleh Stephen R Covey, ada sesuatu yang namanya Production dan ada yang namanya Production Capability, yang dia sebut dengan Theory P/PC Balance.

Untuk mencapai sesuatu, kita harus Seimbang antara menjaga asset yang ada dan target hasil yang diinginkan. Misal kita seorang Insinyur, maka kita harus menjaga diri kita agar tetap menjadi asset yang bak (Terus belajar, Istirahat Cukup, Refreshing cukup, dan makan cukup), dan kita pun harus menentukan target dan sebisa mungkin mencapai target yang telah ditentukan. Kita tidak boleh terpaku oleh satu atau dua hal saja karena bisa menyebabkan ketidak seimbangan. Dan ketidakseimbangan akan menyebabkan hidup menjadi tidak effektif dan efisien.

Ingat, waktu lebih sedikit dari kewajiban yang tersedia.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s