Kisah Tsa’labah yang Keliru

Ketika kecil, ustadzku menceritakan ada seorang sahabat Nabi yang bernama Tsa’labah yang hidupnya sangat miskin. Setiap sehabis solat fardhu, dia buru-buru pulang ke rumah karena pakaian yang dia miliki hanya satu yang kemudian akan dipakai oleh istrinya untuk solat. ( 1 pakaian dipakai berdua).

Singkat Cerita, Tsa’labah meminta Rasulullah untuk mendoakannya agar menjadi orang kaya, kemudian Rasul mendoakannya dan Jadilah Tsa’labah seseorang yang sangat kaya dengan hewan ternak yang sangat banyak. Karena kekayaan Tsa’labah yang semakin banyak, maka dia jarang terlihat di masjid hingga Rasul pun marah.

Kisah tersebut adalah sebuah kekeliruan.

Tsa’labah bin Abdurrahman adalah seorang sahabat Nabi yang seringkali diperintah oleh Nabi untuk melakukan banyak hal (karena saking terpercayanya). Suatu ketika, Tsa’labah diperintah Nabi untuk datang ke suatu tempat tertentu. Dalam sebuah perjalanannya, Tsa’labah melihat seorang perempuan yang sedang mandi.

Tsa’labah pun tersadar dan menyesali perbuatannya. Karena takut digolongkan sebagai orang Munafik, Tsa’labah bersembunyi di suatu lembah selama beberapa hari. Rasulullah menyadari bahwa Tsa’labah tidak terlihat di dalam masjid, akhirnya Rasul menyuruh Sahabat Umar dan Salman untuk mencari Tsa’labah. Singkat cerita, Umar dan Salman menemukan Tsa’labah di sebuah Lembah.

Tsa’labah akhirnya pulang bersama Umar dan Salman, dan ketika itu Tsa’labah sakit dan tidak bisa keluar rumah, lalu Rasul mendatangi Rumah Tsa’labah dan Tsa’labah menceritakan apa yang terjadi, kemudian Rasul berkata bahwa Dosanya telah diampuni. Tidak berselang lama kemudian, Tsa’labah wafat di pangkuan Rasulullah. Ketika Rasulullah hendak membawa Tsa’labah ke masjid untuk di solati, beliau jalan dengan berjinjit. Ketika ditanya mengapa jalannya jinjit? bukannya ini ruangan yang luas?

Jawab Nabi: “Karena ruangan ini dipenuhi para malaikat.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s