Begin with the End

Alhamdulillah, sejak tidak punya Dorm, saya selalu tidur jam 10 malam (jam 10 malam sudah ada di atas kasur). Hal ini yang menyebabkan saya tidak tidur lagi setelah subuh.

Saya berusaha untuk membaca 1 buah buku diluar thesis untuk pengembangan Diri. Buku yang saya baca berjudul 7 habits of highly effective people yang ditulis oleh Stephen R Covey. Mengapa buku ini saya pilih? Karena Stephen R Covey pernah bilang dalam sebuah Seminarnya bahwa orang yang menginspirasi dirinya untuk membuat perumusan ini adalah Baginda Besar Rasulullah Muhammad SAW (NB: Dia bukan muslim tapi mendapat inspirasinya dari Nabi Muhammad).

Terdapat 7 habit utama, dan saya akan membahas Habit kedua. Habit kedua ini adalah begin with the end. Bayangkan anda berada dalam sebuah upacara kematian, dan yang mati adalah anda sendiri. Dalam prosesi itu, terdapat 4 perwakilan kelompok yang akan menyampaikan bagaimana anda selama hidup.

Perkataan apa yang anda ingin dengar dari ucapan mereka? Itulah yang menjadi dasar anda menentukan habit kedua. Jika anda ingin dikenang sebagai orang baik, maka berbuat baiklaah, jika ingin dikenang sebagai orang dermawan, maka dermawanlah. Hal ini baik, namun sebagai muslim ada hal yang lebih baik lagi, yaitu keridhoan Allah SWT.🙂

2 thoughts on “Begin with the End

Leave a Reply

