Manusia itu punya frekuensi pribadi

Sebuah struktur mekanik memiliki frekuensi pribadi. Ketika frekuensi yang bekerja sama dengan frekuensi pribadinya, maka struktur tersebut akan bergetar dengan modus getar tertentu dan dengan magnitude yang sangat besar. Singkatnya, bisa rusak tuh struktur walaupun hanya di eksitasi oleh eksitasi yang kecil.

Begitu juga dengan manusia, memiliki frekuensi pribadi yang merupakan ciri-ciri spesifik manusia itu. Seperti contohnya ketika manusia itu menyukai musik pop, sedangkan dia mendengar musik Rock, maka dia tidak akan berjoged, ataupun kalau berjoget, jogetannya sangat kecil. Tapi ketika dia mendengar musik pop, maka dia akan berjoget dengan sangat kencang.

Akhir-akhir ini sering beredar sebuah kata yang sangat sakti yang disebut “Passion”… Passion adalah lentera jiwa, yang menurut engineer (baca : saya) adalah frekuensi pribadi yang dimiliki oleh orang tersebut. Ketika orang tersebut bekerja/belajar sesuai passionnya, maka dia akan bekerja dengan optimal. Analoginya sama dengan jika frekuensi yang bekerja sesuai dengan frekuensi pribadinya, maka dia akan bekerja dengan magnitude yang sangat hebat.

Seringkali orang tua yang merupakan alumni Perguruan Tinggi A, memaksakan anaknya untuk bersekolah di tempat yang sama dengan dia. Padahal, frekuensi pribadi anaknya tidak sama dengan apa yang ada dalam diri ayahnya. Konsekuensinya, si anak tidak bisa bekerja secara optimal.

Jangan memaksakan kehendak kita, setiap anak terlahir dalam kondisi berbeda dan memiliki potensi masing-masing. Kenalilah passionnya, dan arahkan mereka agar bisa bekerja sesuai dengan apa yang disukainya. Tanamkan nilai-nilai kejujuran, kemuliaan akhlak, pekerja keras, dan empati terhadap sesama.

#InspirasiPagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s