Keteladanan berdagang di Taiwan

Taiwan adalah suatu daerah yang menurutku cukup aman. Di Taiwan, banyak sekali keteladanan yang saya pelajari. Suatu ketika, saya membeli telur asin pada seorang pedagang, dan setelah dibawa pulang, ternyata telurnya sudah busuk.

Besoknya, saya kembali ke pedagang tersebut dan ternyata telur asinnya sudah dibuang, tidak ada telur asin yang dijual lagi. Kemudian aku datang lagi hari berikutnya, ternyata telur asin kembali banyak dijual. Lalu aku pun kembali membelinya untuk Ngecek apakah telur asinnya masih yg kemarin atau udah ganti.

Ternyata sekarang telur asinnya baru. Nampaknya pedagangnya sudah menyadari bahwa telur asin itu sudah busuk dan membuang semua dagangannya dan mengganti dengan yang baru.

Hal serupa pernah aku alami juga sebelumnya. Aku melihat barang dagangan yang kira-kira 2 minggu lagi kadaluarsa. Minggu depan aku datang lagi untuk Ngecek, dan barang dagangan itu sudah tidak ada (PS: penjualnya itu adalah penjual mingguan, bukan Harian). Barang yang hampir kadaluarsa ini tidak pernah dijual lagi oleh pedagangnya. Hal ini berbeda sekali dengan yang terjadi di negaraku, begitu banyak barang kadaluarsa masih dijual di pasaran.

Aku pun pernah bekerja part time pada suatu restoran di taiwan. bos ku membeli daging banyak sekali dan ditaruh di kulkas selama sekitar 1 bulan (masih aman dan masih enak dikonsumsi kalau ditaruh di kulkas yang temperaturnya -20 derajat celcius). Namun, bos ku mendapat peringatan oleh Inspektor restauran bahwa kebiasaan di sini daging harus habis sekitar 2 minggu, terus beli lagi, tidak boleh menumpuk daging yang banyak karena kualitas daging akan semakin buruk. Sedangkan yang terjadi di negaraku, ayan TIREN (Mati Kemarin a.k.a Bangkai ayam) aja masih dijual dan dikonsumsi.

Keteladanan dalam berdagang yang mengutamakan kualitas dan kelayakan produk merupakan inspirasi tersendiri bagiku (Engineer yang juga pengusaha, Aamiin).

Leave a Reply

