Kuliah di Jurusan Teknik Mesin

Bagi teman-teman yang sudah lulus SMA /mau Lulus SMA dan ingin mengambil jurusan Teknik Mesin sebagai pelabuhan pendidikannya, maka teman-teman harus mengetahui apa saja yang terkait tentang teknik Mesin itu, mulai dari apa yang dipeljari, spesifikasi bidang keahliannya, dan Prospek Kerjanya.

Apa saja sih yang dipelajari di jurusan Teknik Mesin?

Teknik Mesin merupakan suatu arti bahasa dari Mechanical Engineering. mechanical sebenarnya bukan berarti mesin, melainkan mekanik (yang berhubungan dengan gaya dan gerak), sedangkan Engineering artinya rekayasa. Sehingga jurusan Teknik Mesin adalah sebuah cabang ilmu yang merekayasa gaya dan gerakan. Insinyur Teknik Mesin harus menguasai Statika, Kinematika, dan Dinamika yang merupakan basic ilmu mekanika. Kombinasi dari Gaya dan Gerak bisa dilihat dari gambar dibawah ini.

Apa yang dipelajari di Teknik Mesin

Apa yang dipelajari di Teknik Mesin

Mekanika pun berbicara tentang Mekanika pada benda padat (Solid Mekanik) dan Fluid Mekanik. Di jurusan ini akan belajar tentang mekanika Teknik, Mekanika Fluida, Getaran, Elemen Mesin, dan lai-lain.

Setelah mengetahui basic dari Mekanika dan Elemen yang mensupportnya, dipelajari juga tentang bagaimana mendesain suatu mesin (bukan Engine). Mesin dan Engine adalah dua hal berbeda, perbedaannya bisa dilihat di postinganĀ ini

Spesifikasi Bidang keahlian apa saja sih yang dipelajari di Teknik Mesin?

Terdapat 3 bidang keahlian pada jurusan Teknik Mesin, yaitu Perancangan, Produksi, dan Konversi Energi. Bidang keahlian perancangan merupakan bidang keahlian yang bertujuan untuk mendesain suatu sistem agar kuat secara mekanik dan bisa bergerak sesuai mekanisme yang diinginkan.

Bidang keahlian Produksi menitikberatkan pada kemampuan untuk memproduksi suatu barang yang telah didesain.

Sedangkan bidang keahlian Konversi Energi menitikberatkan pada bagaimana mesin-mesin konversi energi yang bisa merubah energi dari satu bentuk ke bentuk yang lain, atau bagaimana memahami fenomena mesin-mesin yang berhubungan dengan Fluida.

Bagaimana Prospek Kerjanya?

Jangan ditanya deh prospek Kerja lulusan Teknik Mesin, insya Allah Cerah, tapi ada syaratnya. Syaratnya kita harus memiliki kompetensi yang mumpun di bidang kita, tidak boleh kita mengandalkan nilai saja tanpa memiliki skill yang mumpuni. Banyak sekali mahasiswa teknik mesin yang berorientasi pada IPK. Itu tidak salah, namun juga tidak sepenuhnya benar karena ada sesuatu yang ditinggalkan, yaitu Kompetensi.

Prospek kerja di jurusan Teknik Mesin cukup luas. Bisa ke Indutri Minyak dan Gas, Industri Otomotif, Sistem Pembangkit, Kementrian BUMN, Kementrian ESDM, bisa juga bekerja di EPC COmpany (Engineering Procurement and Construction), dan berbagai cabang industri lainnya.

Tertarik bergabung bersama Jurusan Teknik Mesin?

Mesin ITB

Mesin ITB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s