Lupakan Kebaikan Massa Lalu

Seringkali manusia memiliki paradigma delusi keagungan. Apakah Delusi Keagungan itu? Paradigma Delusi Keagungan adalah Sebuah pola pikir yang membawa manusia bernostalgia dengan suatu massa dimana mereka nyaman disana atau suatu massa ketika mereka berjaya.

Paradigma ini cukup bagus untuk menyemangati diri dan mengingatkan diri akan suatu momen yang sangat indah, namun pola pikir ini lebih sering membuat kita lupa akan tanggung jawab kita saat ini dan membuat diri ini tidak berkembang.

Contoh kongkritnya adalah ketika seseorang mengalami massa kejayaan di SMA, sebut saja dia adalah seorang aktivis Ekstrakurikuler A. Ketika SMA, dia menjadi pemimpin di Ekskul itu dan dihormati. Seusai lulus SMA, dia masih tetap datang sebagai alumni. Dan karena alumni, maka dia dihormati. Itulah yang membuat dia nyaman. Dan tanpa disadari, sudah 15 tahun sejak tahun kelulusan SMA hidupnya tidak berkembang (alias gituh-gituh aja).

Rumah masih Ngontrak, Motor masih kredit, umur udah hampir 40 tahun. Dia merasa nyaman dengan kondisi steady state ini. Dia berdalih bahwa sebagai alumni harus memikirkan nasib Ekskul di Almamaternya. Alasan ini memang benar, namun apakah dia tidak berfikir bahwa anak-anak yang baru lulus yang mungkin masih berstatus Mahasiswa tingkat 1 dan tingkat 2 merupakan alumni Ekskul juga? Lalu ngapain dia yang sudah punya istri dan 3 orang anak masih ngurusin yang begituan? Biarlah alumni-alumni muda yang meneruskan estafet kealumnian.

Itulah manusia, ingin dihormati dan ingin berada dalam posisi Nyaman. Dia tidak ingin keluar dari Comfort Zone nya. Dia tidak menyadari bahwa seiring bertambahnya usia, tanggung jawab yang dipikul semakin besar. Dan di usia yang masih muda, janganlah berada dalam comfort Zone, teruslah berkembang dan jangan tergoda dengan delusi keagungan massa lalu yang akan membawamu pada kondisi steady state.

There is no growth in comfort zone, and there is no comfort in growth zone. And remember, something that doesn’t kill you will make you stronger.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s