Antara Orang Betawi dan Kaum Anshar

Saya yakin sebagian besar dari pembaca sekalian mengetahui definisi Kaum Muhajirin dan Kaum Anshar. Kaum Muhajirin adalah kaum yang berhijrah bersama Nabi dari Mekkah ke Madinah. Sedangkan kaum Anshar adalah kaum yang menerima hijrahnya mereka di Madinah.

Kata Anshar berasal dari Fi’il Madi Nashoro yang artinya menolong. Mereka dijuluki Kaum Anshor karena mereka rela menolong kaum muhajirin. Sebelum Nabi datang, kota Madinah dihuni oleh 5 suku, yang terdiri dari 2 suku Arab (Aws dan Khazraj) dan 3 duku Yahudi (Kainuqo, Nadhir, dan Quraidzoh). Suku Aws dan Khazraj inilah yang kemudian disebut dengan kaum Anshor.

Kaum Anshor yang baru mengenal Nabi rela memberikan kepemimpinan kota Madinah kepada Nabi. Bahkan mereka rela berbagi harta, berbagi tempat tinggal, bahkan berbagi istri dengan kaum muhajirin (maksudnya istrinya diceraikan yang kemudian dinikahi oleh kaum muhajirin). Hal ini pun menimbulkan kecemburuan pada tokoh Aws dan Khazraj, kok bisa orang baru datang langsung diberi otoritas sebagai pemimpin sebuah kota besar. Karena rakyat Aws dan Khazraj banyak yang beriman, Akhirnya sang pemimpin kedua suku itu yang bernama Abdullah bin Ubay terpaksa berpura-pura menjadi Muslim, disinilah awal mulanya muncul istilah orang Munafiq yang merepresentasikan Abdullah bin Ubay.

Bahkan setelah Nabi Wafat, mereka sepakat menunjuk Sa’ad bin Ubadah untuk menjadi pemimpin menggantikan Nabi. Namun ketika dalam Musyawarah, mereka sepakat memberikan kepemimpinan kepada Abu Bakar As Shiddiq.

Sepintas dalam pandangan subjektif saya, masyarakat betawi tampaknya merupakan suku yang paling berbesar dada. Rela dipimpin oleh pendatang sekalipun. Tanah dan air Jakarta dipenuhi gedung-gedung tinggi dan para pendatang, hingga orang betawi asli rela pindah ke pinggiran kota Jakarta.

Tentu tidak seimbang jika membandingkan Suku Betawi dengan kaum Anshar, namun setidaknya suku Betawi merupakan suku yang paling berlapang dada menerima pendatang (Walaupun saya tampaknya calon pendatang disana, T_T).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s