Sensor dan Aktuator

Apakah anda pernah denger istilah Sensor dan Aktuator? Apakah anda bisa membedakan istilah-istilah itu? atau anda masih bingung dengan keduanya?

Sensor adalah sebuah perangkat yang bisa merubah sinyal dari satu bentuk energi ke bentuk lainnya dan memunculkan hasilnya dalam bentuk angka. Contohnya adalah termometer. Termometer menerima energi panas berupa temperatur lingkungan, kemudian energy itu dirubah menjadi energi listrik dalam bentuk angka digital, lalu memunculkan nilai tertentu dalam satuan Celcius atau Fahrenheit.

Termometer

Termometer (Sensor)

Sedangkan aktuator adalah perangkat yang menerima suatu bentuk energi dan merubahnya menjadi gerak. Contoh aktuator adalah motor listrik. Motor listrik menerima energi listrik dan merubahnya menjadi sebuah gerakan. Contoh lain aktuator adalah kipas angin. Kipas angin menerima energi listrik dan mengubahnya menjadi gerakan.

Electric Motor (Source : wonderfulengineering.com)

Electric Motor (Source : wonderfulengineering.com)

6 thoughts on “Sensor dan Aktuator

    • Kalau sensor, iya ada nilainya…

      kalau hanya mendeteksi ada atau tidak, namanya Detector. Contoh adalah ketika di Alfa Mart/Indo Mart, pintunya terbuka otomatis. Kok bisa? karena ada detektor yang mendeteksi ada orang disana (Bukan Sensor)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s