Experimental Modal Analysis

Dalam dunia Rotating Machinery, salah satu problematika utama adalah level getaran yang terlalu tinggi. Hal ini dikarenakan adanya peristiwa resonansi, yaitu suatu peristiwa dimana frekuensi putar sistem sama dengan salah satu frekuensi pribadinya. Lalu, dampaknya apa?

Mesin yang memiliki level getaran yang tinggi akan menyebabkan kerusakan, konsekuensinya industri akan mengalami kerugian, sehingga, menentukan batasan frekuensi putar mesin demi menghindari resonansi merupakan salah satu hal yang paling utama dalam dunia industri.

Pertanyaannya, bagaimanakah menentukan frekuensi pribadi dan modus getar suatu struktur?

Experimental Modal Analysis (Modal Testing) adalah salah satu metode yang digunakan untuk menentukan frekuensi pribadi dan modus getar suatu struktur.

Terdapat 3 filosofi utama dalam Modal Testing, yaitu:

1. Theory of Vibration

2. Experimental Technique

3. Curve Fitting

Hal pertama yang harus diketahui adalah teori tentang getaran. Berdasarkan gaya eksitasinya, getaran terbagi menjadi Getaran Bebas dan getaran paksa. Getaran bebas merupakan sistem getaran tanpa adanya gaya eksitasi dari luar. Sedangkan Getaran paksa adalah sistem getaran yang melibatkan gaya eksitasi dari luar sistem.

Keluaran dari getaran bebas adalah frekuensi pribadi dan modus getar. Sedangkan keluaran dari getaran paksa adalah respon getaran yang berupa perpindahan, kecepatan, dan percepatan. Data-data tersebut diperoleh dari pengujian.

Setelah data dari pengujian didapat, data tersebut kemudian diolah untuk mendapatkan modal parameter dengan metode yang disebut curve fitting.

Itulah sekilas tentang Experimental Modal Analysis. Penjelasan lebih lanjut tentang Theory of Vibration dan curve fitting akan disampaikan dalam tulisan berikutnya.

Semoga Bermanfaat.🙂

One thought on “Experimental Modal Analysis

  1. Pingback: Experimental Technique for Vibration Measurement | Catatan si Bocah Insinyur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s