Jangan menunda Hal mudah kalau berhubungan dengan hajat orang

Entah sudah berapa kali saya nahan emosi karena penundaan hal yang amat sangat tidak penting. Saya hanya bisa beristighfar dan berdoa semoga Allah mengampuni dosa saya dan memudahkan urusan saya. Dan saya pun berdoa semoga saya tidak menjadi orang seperti beliau.

Awal tahun 2014, boss saya bilang kalau kerjaan tesis saya sampai sini. Ketika di bulan Oktober hampir selesai. Pekerjaan saya ditambah lagi karena masih ada waktu hingga januari yang konsekuensinya saya tidak bisa selesai di bulan Oktober. (Beliau adalah seorang Procrastinator kelas berat yang Tidak ada Tandingannya).

Tanggal 5 November. Apa yang dia inginkan sudah selesai saya siapkan dan sudah disetujui oleh Professor, tinggal manggil orang yang buat barangnya. Anda tahu berapa lama orang itu buat barang? hanya butuh 1 hari. Anda tahu Profesor saya harus menunda untuk menelpon si pembuat barangnya berapa lama? 1 Bulan Penundaan untuk Nelpon Doank.

5 November seluruhnya sudah siap. Dia iseng panggil orang yang bisa buat barangnya untuk diskusi. Kapan diskusinya? 5 Desember. Sebenarnya diskusi gak penting sih. Oke lah asumsikan penting. tapi Kenapa harus nunggu 1 bulan? NB: professor saya baru nelpon sekitar tanggal 1 Desember. Lalu ngapain selama 5 Nov – 1 Des? Waktu menunda (ini beneran, beliau itu suka menunda pekerjaan yang sangat mudah). Akibatnya apa? seluruh anak didiknya sengsara. Yang bareng saya belum pada lulus.

Padahal kalau ditelpon, 1 hari barangnya jadi. Aku insya Allah cuma butuh 3 hari untuk selesaikan semua pengujiannya. Dan cuma butuh 1 minggu untuk selesaikan semua modelnya, insya Allah.

Lalu sampai sekarang, belum di telpon juga. Astaghfirullah, Astaghfirullah, Astaghfirullah. Ya Allah, ampuni dosa hamba-Mu ini.

Pembelajarannya. Jangan menunda hal mudah kalau berhubungan dengan Hajat hidup orang lain. Saya tidak masalah kalau sesuatu yang ditunda itu butuh konsentrasi penuh (Misal baca tulisan dan sejenisnya), ini cuma nelpon orang doank, terus masalah kelar.

Ini juga berlaku untuk para pengusaha agar tidak menunda gaji para karyawannya. Rasulullah pun menganjurkan untuk menyegerakan pembayaran gaji karyawan kalau sudah tiba waktunya, karena kita tidak tahu kapan orang itu membutuhkan uang.

#EdisiCurhat

8 thoughts on “Jangan menunda Hal mudah kalau berhubungan dengan hajat orang

Leave a Reply

