Kadang Solat di Akhir Waktu Itu Lebih Baik

Dari judulnya tampaknya sudah Anti Mainstream ya? Tidak umum banget judulnya. Solat diutamakan di awal waktu, malah ini di akhir waktu, hehe. Tolong jangan men-Judge dulu sebelum baca tulisan ane sampai tuntas gan.

Ceritanya, hari ini ketika solat Jumat sang Imam masjid besar Taipei minta maaf kepada para jamaah karena minggu lalu solat jumatnya terlalu di awal waktu. Ceritanya minggu lalu sang Imam menjadi khotib solat jumat di daerah Taiwan bagian selatan, dan yang menjadi Imam masjid besar Taipei Pekan lalu adalah Imam masjid dari tempat lain (Semacam Perputaran Imam Masjid).

Biasanya, Imam masjid Besar Taipei selalu memulai adzan pukul 12:30, padahal 12:03 sudah mulai masuk waktu Dzuhur. Dan beliau pun mengakhiri khutbahnya sekitar pukul 13:20 (hampir setengah 2 siang). Lalu baru mulai solat Jumat sekitar pukul 13:30 (Setengah 2).

Sedangkan Pekan Lalu, sang Imam dari masjid Lain yang bertugas menjadi Khotib di Masjid Besar Taipei khotbahnya sangat singkat dan mulai solat jumatnya lebih cepat dari bisanya. Sekitar 1 jam lebih cepat dari biasanya.

Apa yang terjadi saudara-saudara? Banyak dari Jamaah yang tidak ikut solat Berjamaah pekan kemarin karena sebagian besar dari mereka masih bekerja dan baru bisa nyampai masjid sekitar jam 1. Karena solat nya terlalu Cepat, maka banyak Jamaah yang tidak solat jumat karena Terlambat.

Salah satu pertimbangan melambatkan solat Jumat adalah agar banyak Jamaah yang bisa gabung. Taiwan bukanlah daerah yang mayoritasnya Muslim, sehingga bagi orang2 yang bisa solat jumat di waktu yang lebih lambat akan sangat terbantu (Tentunya masih pada waktu Dzuhur Toh). Sebagai Imam, tolong pertimbangkan juga kondisi sebagian besar makmumnya, karena tidak semua makmum memiliki kondisi yang sama.

#SelfReminder

2 thoughts on “Kadang Solat di Akhir Waktu Itu Lebih Baik

  1. Benar sekali bung Adil, termasuk di daerahku shalat Ashar sekitar jam 4, karena kebanyakan orang yang tinggal disana adalah petani, jadi kalau shalat ashar nya di awal, maka jumlah jamaahnya bakal [lebih] sedikit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s