Batasan

Kata “Batasan” kerapkali diidentikkan pada hal-hal yang negatif dan dianggap mengganggu kreativitas seseorang, khususnya di negara-negara yang memiliki paham liberal. Seperti contohnya adalah kasus pernikahan sejenis di USA. Kasus ini  masih menjadi kontroversi, sebagian orang sepakat untuk melegalkannya karena menghargai Hak Asasi Manusia, dan sebagian lagi menganggap ini batasan yang perlu dipikirkan oleh pemerintah.

Contoh lain batasan yang Dianggap Negatif oleh kaum Feminis adalah batasan pakaian. Kaum Feminis yang mengkoar-koarkan tentang Gender seolah-olah menilai batasan untuk wanita berarti tidak menghargai para wanita. Namun, apakah benar demikian adanya?

Sedangkan Batasan yang Dianggap positif, misalnya batasan kecepatan maksimum kendaraan di jalan Raya. Batasan minimum seseorang terkena pajak, dan lain-lain.

Lalu, bagaimana menentukan suatu permasalahan perlu batasan atau tidak?

Sesungguhnya, SEMUA Permasalahan perlu batasan. Agar apa? Agar tidak kebablasan. Karena pada hakikatnya, manusia adalah makhluk yang memiliki akal dan nafsu, serta manusia merupakan insan yang egois. Lalu, siapakah yang menentukan batasan?

Dzat yang menentukan batasan adalah ALLAH SWT, Tuhan pencipta alam semesta. Allah telah menurunkan firman-Nya kepada manusia melalui Nabi Muhammad SAW yang diperantarai oleh Malaikan Jibril.

Allah memberikan 5 hukum dalam Islam, Wajib, Sunnah, Mubah, Makruh, dan Haram. Mengapa Allah menentukan hukum-hukum itu? Karena Allah ingin memberi batasan kepada manusia. Batasan apa yang harus dikerjakan, yang harus ditinggalkan, yang sebaiknya dikerjakan, yang sebaiknya ditinggalkan, dan yang boleh dikerjakan. Agar apa? Agar manusia tidak berantakan.

Batasan (Source : Fasta Iza Facebook)

Batasan (Source : Fasta Iza Facebook)

2 thoughts on “Batasan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s