Kemenangan Terbesar Sepanjang Massa

Sebelum membaca kelanjutan tulisan saya. Saya akan mempersempit bahasan kata “kemenangan” terlebih dahulu. kemenangan yang saya maksud dalam tulisan ini adalah kemenangan dalam Perang Lahir. Tentu kemenangan batin (Rohaniyah) yang sesungguhnya adalah ketika kita mampu melawan hawa nafsu.

Dalam sejarah umat manusia, terdapat banyak sekali Peperangan, dari peperangan antara kerajaan Persia dan Kerajaan Romawi, ataupun perang Badr, Perang Uhud, Perang Salib, Perang Dunia, Perang Teluk, Perang Israel-Palestina, ataupun perang-perang lainnya.

Memang tidak disangkal bahwa perang-perang besar itu membawa kemenangan yang besar kepada para pemenangnya, namun kemenangan itu bersifat kemenangan militer dan penaklukan kekuasaan daerah yang ditaklukkan, tidak terletak pada penaklukkan hati orang-orang yang ditaklukkan.

Contohnya saja perang terkini, yaitu perang Israel dan Palestina. Israel mengagresi Palestina hingga daerah Palestina takluk. Lalu, apakah orang-orang Palestina yang ditaklukkan daerahnya hatinya juga tunduk kepada Israel? Apakah lantas mereka memeluk agama Yahudi? ataukah lantas mereka berganti kewargaanegaraan menjadi warga negara Israel? Tentu Tidak.

Kemenangan terbesar sepanjang massa terjadi tanggal 10 Ramadhan tahun ke 8 Hijriyah, ketika Rasulullah Muhammad SAW menaklukkan kota Mekkah, atau yang disebut dengan peristiwa Fathu Makkah. Peristiwa penaklukkan kota mekkah ini merupakan kemenangan yang besar karena beberapa hal, diantaranya:

1. Seluruh penduduk kota Mekkah memeluk Islam dan berbai’at kepada Nabi Muhammad SAW, kecuali Shofwan bin Umayyah, kepala suku bani Jumah. [Penaklukkan hati musuh yang kalah]

2. Diawali dengan kekecewaan para Sahabat kepada Nabi Muhammad SAW (termasuk Umar bin Khattab RA). Mengapa para sahabat kecewa? Kekecewaan ini karena ditandatanganinya perjanjian Hudaibiyah. Asbabun Nuzul terjadinya peristiwa Penaklukkan kota Mekkah adalah dengan dilanggarnya perjanjian Hudaibiyah oleh Quraisy. Dan ketika Rasulullah menandatangani perjanjian Hudaibiyah, banyak kaum Muslimin yang kecewa karena secara logika, isi dari perjanjian itu merugikan kaum muslimin, namun ternyata tidak merugikan, malah merupakan jalan menuju kemenangan besar. (Detail dari perjanjian Hudaibiyah akan dijelaskan nanti). Bayangkan saja, para sahabat sudah kangen bertahun-tahun tidak bertemu Mekkah, sekarang Mekkah sudah di depan mata, tiba2 Rasulullah menyuruh mereka balik lagi dan menandatangani perjanjian Hudaibiyah yang berlaku selama 10 tahun. Kebayang kan kecewanya? Coba bayangin, ente sudah bertahun-tahun gak pulang, pas tinggal sedikit lagi sampai rumah, tiba2 disuruh balik lagi karena sebuah perjanjian yang secara logika, isinya merugikan ente, dan perjanjian itu berlangsung selama 10 tahun? Namun, kekecewaan para sahabat itu bisa diredam oleh Rasulullah dan terbayar dengan peristiwa penaklukkan kota Mekkah. [Penaklukkan hati prajurit yang dipimpinnya]

Itulah mengapa peristiwa Fathu Makkah merupakan peristiwa kemenangan perang terbesar sepanjang massa.

Bagaimana dengan kemenangan seorang suami? Kemenangan seorang suami adalah ketika dia menaklukkan hati istrinya. Ketika istri rela melakukan perbuatan yang diperintahkan suami karena ridho dan ikhlas, bukan karena keterpaksaan akan kewajiban yang dimilikinya. Ada suami yang hobinya memukul istrinya, membentak istrinya. Pada hakikatnya, dia tidaklah menang terhadap istrinya, karena istrinya patuh kepadanya dilandasi oleh rasa takut.

Bagaimana kemenangan seorang ayah? Begitu juga kemenangan seorang ayah kepada anak-anaknya, ketika dia bisa mengajak secara persuasif anak-anak nya menjadi pribadi yang baik. Contohnya adalah ketika sang anak rajin belajar. Apakah sang anak ini rajin belajar karena paksaan orang tuanya? ataukah sang anak rajin belajar atas dasar keinginan sendiri? Itulah perbedaannya. Ketika sang anak telah rela belajar atas dasar keinginan sendiri, maka itulah kemenangan sang ayah yang sesungguhnya.

Wallahu A’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s