新年快樂

Sejak Gus Dur menjadi Presiden, Perayaan tahun baru Imlek mulai menjadi hari libur Nasional. Tahun baru Imlek ini selalu berada di bulan Januari/Februari. Bagaimanakah cara menghitung Kalender Cina?

Sebelum mengetahui bagaimana kalender Cina itu dihitung, saya akan membahas dua jenis penanggalan terbesar, yaitu Penanggalan Qomariyah dan Syamsiyah. Penanggalan Qomariah adalah penanggalan berdasarkan Bulan (Patokannya Bulan), jadi semacam lihat pergeseran bulan gituh, contohnya adalah penanggalan Hijriyah. Dalam penanggalan hijriyah, setiap tahun memiliki 12 bulan. Penanggalan Syamsiyah adalah penanggalan berdasarkan Matahari. Perhitungan berdasarkan tahun. Dalam 1 tahun, terdapat 365 hari (Disesuaikan dengan lamanya revolusi bumi terhadap matahari). Dari hari-hari itu, akan dibagi menjadi 12 bulan yang jumlahnya menyesuaikan dengan jumlah hari itu (Januari-Desember). Dan tahun baru syamsiyah selalu jatuh di tanggal 1 Januari.

Bagaimana dengan tahun baru Cina?

Tahun baru Cina menggunakan kalender Syamsiyah untuk perhitungan tahunnya, dan kalender Qomariyah untuk perhitungan Bulan.

Jadi, tahun baru Cina selalu berada di antara Januari/Februari karena menyesuaikan dengan tahun baru syamsiyah. Dan tanggal tahun baru Cina tidak tentu, menyesuaikan dengan tanggal 1 di tahun qomariyah. So, 1 tahun dalam tahun Cina itu bisa 12 bulan atau 13 bulan.

Tanggal Imlek pun pasti bertepatan dengan tanggal awal bulan di bulan hijriyah (Dengan metode Hisab, bukan Hilal), karena bersamaan dengan awal bulan Qomariyah. Contohnya:

Imlek tahun lalu: 31 Januari 2014 = 1 Rabiul Akhir

Imlek tahun ini: 19 Februari 2015 = 1 Jumadil Awwal

Imlek tahun depan: 8 Februari 2016 = 1 Jumadil Awwal

Begitulah perhitungan tahun baru Imlek. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s