Baju Kotor

Apa yang anda lakukan jika baju kita kotor? Tentu kita akan mencucinya bukan? Bagaimana kalau ternyata hati kita yang kotor?

Kotornya baju kita disebabkan oleh Noda-noda yang menmpel di baju kita. Noda2 itu adalah kotoran yang sampai di baju kita tersebab aktivitas kita baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja. Dan jenis noda itu ada yang noda ringan, sehingga bisa dibersihkan hanya dengan sekali cuci, ataupun juga bisa noda berat yang harus dibersihkan dengan berkali2 cuci.

Begitupun dengan hati kita. bagaimana jika hati kita kotor? Jika hati kita diibaratkan sebuah baju. Maka untuk membersihkannya adalah dengan di cuci. Dicuci disini adalah dengan bertaubat. Dan noda-noda yang menempel pada baju kita pada hakikatnya adalah dosa-dosa yang telah kita perbuat baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja.

Noda-noda kecil jika diibaratkan adalah dosa2 kecil, maka kita cukup dengan beristighfar atau bertaubat sekali saja. Namun bagaimana jika dosa besar? kalau dianalogikan dengan noda besar, maka dosa besar akan hilang jika baju dicuci berkali2, atau dicuci sekali tapi dengan effort yang sangat besar. Begitupun dengan dosa besar, bisa dibersihkan dengan berkali2 Taubat ataupun dengan sekali taubatan Nasuha yang dicucuri tangisan penyesalan atas dosa besar yang telah diperbuat.

Bagaimana jika noda nya telah merasuk ke dalam benang2 baju? maka kita harus bersabar untuk terus membersihkannya setiap waktu. Begitupun dengan kebiasaan dosa yang telah merasuk ke dalam jiwa raga. Butuh waktu untuk menghilangkannya, dan kita hrus bersabar, dan Janganlah kita berputus asa dari Rahmat ALLAH SWT.

Tulisan ini dibuat karena baju cucian saya menumpuk belum dicuci lebih dari 1 minggu, hahahaha.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s