Akhlak Seorang Pendakwah

Alkisah ada seorang anak yang sudah belajar ilmu agama yang sangat lama. Setelah belajar, sang anak pulang menemui ayahnya dan meminta izin kepada ayahnya untuk menjadi pendakwah di suatu negri yang jauh.

Sebelum memberi izin, sang ayah pun meminta sang anak pergi ke pasar untuk membawa seseorang yang lebih rendah derajatnya dari sang anak.

Sang anak pun pergi ke pasar. Tak jua ditemuinya seorang pun yang dirasa lebih rendah darinya hingga waktu dzuhur tiba. Selepas dzuhur, sang anak pun solat. Kemudian, sang anak melihat orang yang sudah cukup tua, sejak sebelum sang anak masuk masjid hingga sang anak selesai solat dan keluar masjid, sang kakek tua ini tetap berada dalam posisinya di pasar dan tidak menunaikan solat.

Sang anak pun berfikir ingin membawa orang ini kepada bapaknya. Dia merasa lebih baik dari sang kakek tua karena dia solat, sedangkan kakek tua tidak solat. Tapi kemudian sang anak berfikir. Jika 5 menit lagi orang ini solat bagaimana? dia pun berfikir kembali bahwa sang kakek lebih tua dari saya, dia mungkin sudah beramal lebih lama dari saya. Tak jadilah dibawa sang kakek tua ini.

Kemudian, sang anak kembali berputar di pasar, dan tak dijumpainya juga seseorang yang lebih rendah daripadanya. Hingga dia melihat seekor anjing. Anjing pun hendak dibawanya. Namun, ketika hendak membawa anjing itu, Sang anak terpikir bahwa dirinya bisa jadi lebih rendah dari anjing. Mengapa? Karena di hari kiamat, anjing tidak akan dihisab dan mungkin akan menjadi butiran debu, sedangkan dirinya sebagai manusia akan dihisab dan bisa saja dirinya menjadi penghuni neraka. Akhirnya, dia kembali ke rumah menemui bapaknya dengan tangan hampa.

Sang anak pun berkata kepada bapaknya bahwa dia tidak menemukan satu orang pun yang lebih rendah derajatnya. Sang bapak pun berkata. “Pergilah, kau sudah layak menjadi seorang pendakwah“.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s