3 Tanda Kebodohan

Ibnu Athoilah As Sakandary dalam kitab Al Hikam berkata bahwa tanda kebodohan manusia ada 3, yaitu:

1. Jika ia selalu menjawab semua pertanyaan yang diajukan kepadanya tanpa merefer kepada para ulama yang ahli di bidang itu.

Mengapa kok ketika semua pertanyaan dijawab olehnya merupakan hal yang tidak baik? Karena semua orang tidak mungkin menguasai seluruh bidang, hanya ahli di bidang tertentu saja. Oleh karena itu, jika memang ditanya suatu permasalahan tertentu yang dia tidak menguasainya, maka dia harus rendah hati merefer kepada orang2 yang ahli di bidang itu. Termasuk masalah Duniawi. Jika seorang tentara ditanya bagaimana cara mengoperasi usus buntu dan dia menjawabnya? maka dia adalah orang yang bodoh.

2. Jika ia menyampaikan semua apa yang disaksikannya

Zaman sekarang, sosial media begitu membooming sehingga tidak heran jika semua orang memiliki akun sosial media, dari facebook, twitter, line, whatss up, dll. Penyebaran informasi pun tak kalah meledaknya, hingga informasi tidak penting pun jadi konsumsi publik. Seorang gubernur buang air kecil di toilet umum pun jadi konsumsi publik (Gak penting banget kan?). Itulah ciri2 kebodohan yang kedua, menyampaikan semua yang disaksikannya, tanpa memikirkan manfaatnya.

3. Jika ia menyampaikan semua yang diketahuinya

Jika seseorang sedang berdiskusi/menyampaikan sesuatu tentang masalah A. Tapi dalam penyampaiannya dia menjelaskan masalah B, C, dan D yang tidak berhubungan sama sekali dengan masalah A, dengan niat ingin menyampaikan kepada khalayak bahwa dia adalah orang yang berilmu karena mengetahui banyak masalah. Maka itulah ciri kebodohan yang ketiga.

Semoga kita tidak menjadi orang2 yang bodoh tersebut. Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s