Bergantung kepada Singkong

Alkisah di suatu desa nan jauh disana, ada seorang yang tiap hari bekerja, dan hasil kerjanya hanya bisa untuk membeli singkong dan dimakan hari itu saja. Besoknya, dia bekerja kembali dan hanya untuk makan hari esok saja. Dia adalah seorang yang ahli ibadah dan memiliki beberapa murid.

Suatu hari, sang ahli ibadah menyuruh salah satu muridnya untuk pergi ke kota besar untuk menemui adik sang ahli ibadah, dan mintalah sesuatu darinya. Kemudian, sang murid pun berangkat ke alamat yang sudah dituliskan dan menemui sang adik.

Dia pun menemui sang adik ini. Dilihatnya rumahnya sangat mewah, kendaraannya bagus, anaknya banyak, istrinya cantik, dan berbagai kemegahan dunia lainnya.

Kemudian sang murid menyampaikan maksud sang kakak untuk meminta sesuatu darinya. Sang murid pun diberikan berbagai kebutuhan. Dan sebelum pulang, sang murid dititipkan pesan oleh sang adik untuk kakaknya.

“Sampaikan ke kakakku. Jangalah mencintai dunia dan menggantungkan diri kepada dunia”.

Sang murid bingung dan jengkel karena dalam pikiran sang murid, pesan itu pantas nya diberikan kepada sang adik yang sangat kaya dan berlimpah dunianya. Lalu sang murid kembali menemui gurunya dan menyampaikan pesan yang disampaikan oleh sang adik.

Lalu, sang Guru menangis tersedu2. dia kemudian bertaubat sejadi-jadinya dan berkata. “Ketahuilah wahai muridku, apa yang dikatakan oleh adikku benar. Aku adalah orang yang bergantung kepada singkong untuk hidup. Sedangkan adikku menggantungkan hidupnya kepada Allah. Jadilah engkau zuhud wahai muridku. Letakkan dunia di tanganmu, jangna di hatimu”.

Semoga Ramadhan tahun ini bisa menjadikan bulan penggemblengan bagi kita agar tidak mencintai Dunia secara berlebihan, Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s