Sandal

Alkisah ada seorang raja yang selalu tinggal di istana yang tidak pernah bepergian jauh kecuali di lingkungan istana saja.

Suatu hari, sang raja ingin berjalan2 ke hutan mengendarai kuda dan dikawal oleh pengawalnya. Sesampainya di hutan, sang raja turun dari kuda dan mulai berjalan menyusuri hutan. Ternyata jalanan hutan sangat tidak nyaman, penuh dengan kerikil dan duri, hingga kaki sang raja terluka terkena duri. Sang raja pun kembali ke istana dalam keadaan kaki berdarah.

Keesokan harinya, sang raja memerintahkan rakyatnya untuk membeton dan memperhalus jalan2 di seluruh wilayah kekuasaannya. Perintah raja ini menghabiskan dana yang tidak sedikit dan diestimasikan bisa menghabiskan persediaan kas negara. Kemudian datanglah seorang penasihat negara yang sangat bijak. Beliau memberikan sebuah hadiah kepada raja berupa sandal yang bisa beliau gunakan kemana2. Lalu sang raja pun pergi kembali ke hutan, dan kali ini kakinya tidak terluka ketika menyusuri hutan karena dia sudah memakai sandal. Akhirnya, proyek penghalusan jalan di seluruh negara dibatalkan.

Itulah sifat manusia, terkadang hanya fokus kepada hal lain, tidak fokus kepada diri sendiri. Kita seringkali menyalahkan keadaan, padahal kita sendiri bisa mengantisipasi keadaan tersebut dengan tameng yang kuat.

Sama hal nya ketika kita ingin melihat dunia ini dengan warna hijau. Apa yang kita lakukan? Apakah kita akan memborong seluruh cat berwrna hijau dan mengecat seluruh nya dengan warna hijau? Tentu tidak kan. Kita cukup membeli kacamata berwarna hijau agar kita bisa memandang dunia ini dengan warna hijau.

Begitupun dengan hati kita. Ketika kita melihat seluruh manusia lain dengan pandangan hina dan merendahkan, maka hati kita lah yang sebaiknya kita perbaiki, kita berikan kacamata Khusnudzon kepada hati kita, sehingga yang terlihat dalam mata kita adalah pancaran kebaikan manusia lain.

Semoga Ramadhan ini bisa memberikan kacamata Khusnudzon ke dalam hati kita, sehingga kita tidak terjebak dalam perasaan ujub dan sombong.

*Marhaban ya Ramadhan*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s