Ketika Imam Abu Hanifah Ditegur

Siapa yang tak kenal Imam Abu Hanifah? salah satu ulama yang sangat alim di bidang fiqih yang menjadi rujukan dan imam besar madzhab Hanafi. Beliau adalah Gurunya Imam Malik, Imam besar Madzhan Maliki.

Suatu ketika, Imam Abu Hanifah yang sangat alim bertemu dengan seorang anak kecil. Dengan lantang sang anak kecil tersebut berkata , sesungguhnya banyak orang yang jatuh, dari kaya menjadi miskin, dari beriman menjadi kufur. dan Banyak juga yang memiliki nikmat tapi kufur sehingga bisa jatuh ke lembah neraka. Maka, takutlah engkau kepada Allah. Sesungguhnya nama besarmu bisa menjatuhkanmu ke neraka. Imam Abu Hanifah pun menangis mendengar teguran sang anak kecil. Beliau takut amal ibadahnya tidak diterima oleh Allah dan malah bisa memasukannya ke dalam neraka

Begitulah ketika ulama besar merasa takut. Takut karena nama besarnya bisa membuatnya jauh dari Allah. Sangat kontras sekali dengan kita yang justru senang dengan pujian dan sanjungan. Kadang kala kita tidak sadar bahwa pujian itu bisa meninggikan hati kita dan menjadikan kita sombong, atau bahkan ujub. Semoga kita terhindari dari sifat2 tersebut.

*Marhaban ya Ramadhan*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s