istighfar di dalam istighfar

Coba anda bayangkan seorang musafir di tengah padang pasir yang panas dan terik yang tidak memiliki apa2 kecuali seekor kuda yang di pundaknya ada minuman yang segar dan menyegarkan serta makanan yang lezat lagi mengenyangkan. Tiba2 si musafir tersebut kehilangan benda tersebut di tengah padang pasir yang luas. Sang kuda lari entah kemana. kemudian ia terlalu letih dan tergeletak tertidur di tengah hamparan pasir itu, lalu terbangun dan melihat kuda nya beserta isinya ada kembali. Bisa kebayang kan gimana bahagianya si musafir itu?

Sesungguhnya senang nya Allah kepada hambanya yang bertaubat jauh melebihi senangnya sang musafir itu. Padaha Setiap manusia pasti pernah melakukan dosa, bahkan berbuat dosa setiap hari. Namun, Allah adalah Dzat yang maha pengampun yang senang kepada hambanya yang bertaubat, sehingga kita dianjurkan untuk beristighfar setiap hari sebanyak-banyaknya.

Bahkan, Rasulullah Muhammad SAW yang sudah maksum saja masih beristighfar lebih dari 70 kali dalam sehari, apalagi kita? umat akhir zaman yang berlumuran dosa. Sudah selayaknya kita beristighfar melebihi istighfarnya Rasulullah SAW.

Namun, pernahkah kita menyadari bahwa istighfar kita tersebut terkadang adalah istighfar palsu. Terkadang istighfar kita hanyalah sebuah istighfar yang bersifat formalitas di lisan saja, tanpa menghayatinya di dalam hati, tanpa ketakutan akan dosa nya ini bisa membawanya ke neraka, dan tanpa tekad yang kuat untuk tidak berbuat dosa kembali?

Semoga di Ramadhan ini kita tidak lupa untuk mengistighfari istighfar-istighfar formalitas kita agar Allah berkenan mengampuni dosa-dosa kita, Aamiin.

*Marhaban ya Ramadhan*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s