Gara2 Solat Tahiyatul Masjid

Dahulu ada Seorang Ulama besar dalam bidang Fiqih yang bernama Ibn Hazm. Awalnya, beliau adalah seorang mentri (Pembesar di Dinasti Bani Abasiyah), namun karena sebuah peristiwa kecil, beliau merubah haluan hidupnya menjadi seorang Ulama.

Pada suatu jumat, beliau datang terlambat (ketika khotib sedang berkhutbah) dan langsung duduk tanpa solat Tahiyatul Masjid. Kebetulan beliau duduk di sebelah seorang Ulama Bermadzhab Syafi’i yang berpendapat bahwa sebaiknya solat Tahiyatul Masjid walaupun Khotib sedang Berkhotbah. Seusai solat Jum’at, beliau pun disarankan untuk solat Tahiyatul Masjid.

Jumat berikutnya, beliau datang terlambat lagi dan kali ini beliau solat tahiyatul masjid (sesuai saran dari seorang ulama bermadzhab syafi’i yg ditemuinya minggu lalu). Kali ini, yang duduk di sebelah beliau adalah seorang ulama bermadzhab Hanafi yang berpendapat bahwa ketika khotib sedang berkhutbah, lebih baik langsung duduk dan tidak perlu mengerjakan solat tahiyatul masjid.. Seusai solat jumat, Ibn Hazm kembali diberi saran oleh seorang ulama untuk langsung duduk dan tidak solat tahiyatul masjid ketika khotib sedang berkhutbah.

Ibn Hazm pun bingung. Mingu lalu saya langsung duduk, disarankan solat tahiyatul masjid dulu. Sekarang saya solat tahiyatul masjid terlebih dahulu, malah disarankan untuk duduk.

Akhirnya beliau berhenti menjadi seorang pejabat dan mulai memperdalam ilmu Fiqih, hingga menjadi seorang Alim besar di bidang Fiqih.

Begitulah hidup manusia, kadang kita bisa berubah hanya karena hal-hal yang kecil, seperti hal nya yang dialami oleh Ibn Hazm, seorang mentri yang bertransformasi menjadi seorang Fuqaha hanya karena solat tahiyatul Masjid.

Jangan meremehkan hal-hal kecil, karena terkadang hal-hal kecil yang dilakukan secara terus menerus dan berulang-ulang dalam waktu yang lama akan menjadi kebiasaan yang brdampak besar terhadap hidup kita. Semoga kita bisa membiasakan diri dengan hal-hal kecil yang bermanfaat agar bisa berdampak besar untuk hidup kita kedepannya, Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s